Sukses

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama

Coba 5 cara mudah ini agar makanan di rumah Anda tetap segar.

Liputan6.com, Jakarta Bahan makanan yang biasa dijadikan menu masakan bisa berubah warna atau teksturnya menjadi tidak layak makan karena beberapa faktor. Misalnya, beberapa sayuran bisa tampak layu bila tidak disimpan dengan baik.

Hal ini mungkin bisa membuat Anda menjadi membuang bahan-bahan makanan tersebut sebelum sempat untuk diolah menjadi masakan. Nah, dilansir dari brightside.me, Senin (19/2/2017) ada 5 tips mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat makanan tetap segar dalam waktu yang lama.

1. Masukkan telur dalam cetakan es

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama (Foto: Brightside.me)
Terkadang kita tidak dapat menggunakan semua telur ketika kita membelinya untuk persediaan di rumah. Jangan khawatir, ternyata telur juga dapat dibekukan, lho! Coba pecahkan telur dan tuangkan ke dalam cetakan es, tambahkan sedikit garam dan gula agar tekstur telur tetap terjaga. Lalu, masukkan ke dalam freezer sebelum menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Bungkus daun selada dengan kertas tisu

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama  (Foto: Brightside.me)
Selada akan tetap segar selama seminggu jika Anda membungkusnya dengan handuk kertas atau kertas tisu. Kelembapan yang berlebih akan meresap ke dalam kertas pembungkus dan tidak akan membuat selada menjadi cepat layu.

3. Simpan wortel dalam pasir

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama  (Foto: Brightside.me)
Beberapa tukang kebun merekomendasikan untuk menyimpan wortel di pasir. Mengapa pasir? Karena pasir dapat mengurangi penguapan air serta memperlambat proses pembusukan pada wortel. Namun, pilih pasir yang bersih, ya.

4. Simpan keju dan krim asam dengan terbalik

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama  (Foto: Brightside.me)
Krim keju dan krim asam akan tetap segar dua kali lebih lama jika Anda menyimpannya dalam lemari es secara terbalik. Ini akan membuat ruang hampa udara dalam kemasan serta mencegah pertumbuhan bakteri.

5. Taruh sayuran hijau dalam toples

5 Tips Mudah Membuat Makanan Tetap Segar dalam Waktu yang Lama  (Foto: Brightside.me)
Sebuah tabung kaca atau toples adalah wadah terbaik untuk membuat berbagai makanan seperti sayuran dan rempah menjadi segar. Simpan sayuran hijau, bawang merah, bawang putih atau peterseli dalam toples dan bisa bertahan selama satu bulan. Cara ini tak akan merusak tekstur, membuat layu, kering atau kehilangan aroma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini