Sukses

Ryugyong, Hotel Terbengkalai Korea Utara yang Menyimpan Misteri

Saat pembangunannya, hotel berbentuk piramida ini digadang-gadang menjadi pesaing hotel-hotel tertinggi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Bangunan hotel berbentuk piramida di Korea Utara ini pernah digadang-gadang menjadi pesaing hotel-hotel tertinggi di dunia. Namun pembangunannya terhenti pada 1989. Hal ini yang kemudian membuat hotel bernama Ryugyong menjadi bangunan terbesar di dunia yang tak selesai dibangun.

Hotel Ryugyong atau yang biasa disebut "hotel of doom" memiliki tinggi 1.080 kaki atau sekitar 330 meter dan dibangun tanpa bantuan swasta. Namun entah apa yang menyebabkan para pekerja dipecat sebelum bangunan selesai.

Berikut sejarah pembangunan hotel pencakar langit dunia di Korea Utara yang terbengkalai hingga saat ini.

Bangunan ini dirancang oleh arsitek dan teknisi bernama Baikdoosan. Pembangunan dimulai pada 1987 di ibukota Korea Utara, Pyongyang. Seharusnya pembangunan rampung selama dua tahun tepatnya pada 1989. Namun hingga tahun tersebut, bangunan ini hanya baru berbentuk frame piramida. Bahkan hingga tahun 1992 setelah runtuhnya sekutu Korea Utara, Uni Soviet, hotel Ryugyong belum selesai menjulang di atas ibukota Korea Utara.

Berikut sejarah pembangunan hotel pencakar langit dunia di Korea Utara yang terbengkalai hingga saat ini.

Pada 2008, Orascom, sebuah perusahaan Mesir mengambil alih dan kembali melanjutkan konstruksi hotel mewah ini. Terlihat hotel mulai ditambahkan kaca eksterior dan diharapkan dapat menyelesaikan pembangunannya. Namun, seperti yang dilansir dari situs Inhabit, Jumat (17/2/2017), pada bagian interior masih belum memiliki pipa aliran listrik dari pembangunan sebelumnya sehingga memerlukan biaya sekitar USD 2 miliar atau berkisar Rp 27 triliun untuk menyelesaikannya.

Berikut sejarah pembangunan hotel pencakar langit dunia di Korea Utara yang terbengkalai hingga saat ini.

Tidak berselang berapa lama, pembangunan berhenti lagi. Sampai sekarang masih belum diketahui pasti penyebabnya. Hotel Ryugyong menjadi Hotel terbesar dunia yang terbengkalai hingga saat ini. Hotel di Korea Utara ini bahkan dijuluki "hotel of doom" yang berarti "hotel malapetaka". 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.