Sukses

5 Benda di Rumah yang Harus Anda Bersihkan Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti sangat menyukai keadaan rumah yang bersih setiap hari. Namun, ternyata ada beberapa benda di rumah yang jarang dibersihkan sehingga dengan mudah menjadi sarang kuman dan bakteri.

Seperti yang dilansir dari laman Brightside.me, Minggu (19/2/2017) ada lima benda di rumah yang harus dibersihkan setiap hari agar terbebas dari penyebaran kuman dan bakteri. Apa saja itu?

1. Handuk kecil atau lap dapur
Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa handuk kecil untuk lap di dapur Anda merupakan benda yang paling sering terkontaminasi bakteri. Karena lap ini sering digunakan lebih dari satu kali sehingga penyebaran kuman dan bakteri lebih cepat terjadi. Jadi, sebaiknya cucilah handuk kecil atau lap di dapur Anda setiap hari untuk mencegah menyebarnya bakteri jahat penyebab penyakit.

2. Kunci
Beragam kunci, mulai dari kunci rumah, kamar dan kendaraan pribadi Anda adalah benda yang sangat mudah menyebar bakteri. Karena mungkin tanpa sadar Anda sering menjatuhkannya ke tanah atau saat memegang kunci tangan Anda dalam keadaan kotor. Cobalah membersihkan semua kunci dengan tisu atau cairan antiseptik untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri.

3. Spons cuci piring
Mungkin terlihat sepele, namun spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring kotor ternyata juga dapat menjadi benda yang harusnya selalu dibersihkan setiap hari. Cara terbaik untuk mensterilkan spons adalah dengan menggunakan microwave. Cukup cuci spons dengan bersih, kemudian masukkan spons basah ke dalam microwave selama 1-2 menit dengan daya rendah. Pastikan segera mematikan microwave bila timbul asap.

4. Talenan
Jika Anda menggunakan talenan yang terbuat dari kayu, rendam dalam campuran cuka dan air dengan perbandingan 1 : 1 selama beberapa menit sehabis memasak. Trik ini akan membantu membunuh bakteri dan jamur pada permukaan talenan. Selain itu, talenan juga harus dibersihkan secara teratur setiap hari. Coba gunakan campuran 1 sendok teh baking soda dalam setengah liter air panas. Kemudian diamkan selama 5-10 menit, lalu cuci talena dengan air mengalir.

5. Kuas makeup
Bagi Anda pecinta makeup, kuas makeup tentunya menjadi hal yang paling sering digunakan setiap hari di rumah. Namun, menggunakan kuas makeup yang sama dalam waktu yang lama dapat menjadi sarang semua jenis bakteri jahat. Hal ini akan dengan mudah membuat mereka pindah ke wajah Anda sehingga menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. Penting bagi Anda untuk membersihkan semua alat-alat makeup termasuk kuas dengan air sabun setelah digunakan.

Artikel Selanjutnya
Cukup 3 Langkah untuk Bikin Lantai Bebas Kuman
Artikel Selanjutnya
Rumah Anda Wajib Punya Peralatan Bersih-bersih Seperti Ini!