Sukses

Seniman Ini Pecahkan Rekor Bangun Istana Pasir Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Seniman India Sudarsan Pattnaik baru saja mencatatkan dirinya di Guinness Book of World Records sebagai orang yang berhasil membangun istana pasir terbesar di dunia. Dirinya berhasil membangun konstruksi setinggi 48 kaki atau sekitar 14,5 meter di Puri, India. Dibantu 45 siswanya dari Sudarsan Sand Art Institute, Pattnaik membutuhkan waktu empat hari untuk bisa membangun istana pasir tersebut.

Seperti yang diberitakan laman theweek, Kamis (16/2/2017), seniman berusia 39 tahun ini tak hanya memecahkan rekor yang dipegang seniman Amerika Ted Siebert, tetapi juga membawa pesan perdamaian dalam karyanya dengan menyematkan wajah Mahatma Gandhi, Buddha, dan Nelson Mandela.

Pattnaik bukan orang baru di dunia patung pasir, terkahir dirinya berhasil menciptakan 1.000 patung sinterklas yang membawa pesan kebahagiaan pada dunia. Pesan moral dan kritik sosial kerap menjadi “bumbu’ karya-karya monumentalnya. Salah satu yang paling menyentil adalah patung psair yang menggambarkan jasad Alan Kurdi, bocah pengungsi Suriah yang ditemukan tewas di dekat resort pantai mewah di Turki.

Foto karyanya yang diunggak ke media sosial Facebook mendapat puluhan ribu like dan komentar. "Kami telah berhasil mempersembahkan rekor baru istana pasir tertinggi di dunia dengan 48 kaki," ungkap Pattnaik di akun Twitternya. 

Selama berkarier sebagai seniman pasir, dirinya telah memenangkan banyak penghargaan dari banyak negara, antara lain Turki, Spantol, Jerman, Tiongkok, Rusia, Korea Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat.