Sukses

Kebun Sembilan Tingkat bagi Karyawan Berdasi di Pusat Kota Tokyo

Liputan6.com, Jakarta Kebun dan kantor merupakan dua hal berbeda yang bisa disatukan di tengah kota. Siapa sangka dalam kantor ini Anda bisa memanen beras langsung untuk dikonsumsi? Inilah kantor yang memiliki kebun sendiri di Tokyo, Jepang. Seperti yang dirilis oleh en.rocketnews.com, Jumat (17/2/2017).

Gedung sembilan tingkat ini sudah dijadikan kebun yang dapat dinikmati hasilnya oleh karyawan kantor. (foto: konodesigns.com)

Kebun dalam kantor ini dimiliki salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja, Pasona, di kawasan Otemachi, Tokyo. Gedung yang memiliki sembilan lantai, yang dahulunya merupakan sebuah bank, telah direnovasi dan didedikasikan untuk urban farming.

Seluruh ruangan diberikan tempat untuk berkebun, mulai dari ruang kantor, auditorium, kafetaria, hingga perkebunan di atap yang keseluruhannya telah terintegrasi dengan baik. Dalam kantor ini mereka memelihara lebih dari 200 tipe tanaman yang diurus langsung oleh masing-masing karyawan.

Teknik yang digunakan dalam kebun dalam kantor ini adalah hidroponik dan perkebunan yang berbasis tanah. Mereka juga saling berbagi tempat dalam common space di antara kebun dan ruang kerja.

Salah satu contohnya kebun tomat yang digantung di atas ruang pertemuan, buah lemon yang ditumbuhkan sebagai pembatas ruangan, hingga daun salad yang ditumbuhkan dalam ruang seminar.

Mau makan salad? Tinggal petik daun selada segar dalam perkebunan hidroponik dalam kantin ini. (foto: konodesigns.com)

Teknologi yang digunakan di kebun ini juga bukan main-main, mulai dari tata pencahayaan menggunakan lampu pijar dan LED hingga teknologi irigasi yang sudah otomatis. Bahkan dalam setiap ruangannya terdapat pengatur kelembapan, sehingga tanaman tetap tumbuh dengan baik dan seluruh pekerja dapat menjalankan tugasnya dengan nyaman. Dengan cara ini, seluruh tanaman dapat tumbuh sempurna dan mencapai target pertumbuhan yang optimal.

Kebun ini juga menjalar ke seluruh pembatas dinding ruangan, sehingga tampak lebih natural. (foto: konodesigns.com)

Padi yang ada di kantor juga dipanen pada waktunya dan diawasi oleh spesialis agrikultur. (foto: konodesigns.com)

Tak hanya makanan, bunga musiman juga ditanam langsung di kantor sehingga meningkatkan produktivitas kerja. (foto: konodesigns.com)

Seluruh tanaman di kebun ini juga diatur oleh bagian tersendiri di Pasona, hingga ada spesialis agrikultur yang mengawasi pertumbuhannya dengaan baik. Cara ini juga mendukung gaya hidup sehat untuk para karyawannya melalui hasil pertanian yang diberikan dalam bentuk menu makanan di kafetaria. Para karyawan juga merasakan peningkatan produktivitas dan kesehatan mental karena tanaman ini membuat hidup mereka menjadi lebih nyaman dan sehat.

Artikel Selanjutnya
Jababeka Pasarkan Ruko Rp 3 Miliar di Tengah Kawasan Industri
Artikel Selanjutnya
Gowes Pesona Nusantara Mampir di Provinsi Calon Ibu Kota