Sukses

Penasaran Kenapa Toilet Pesawat Makin Kecil? Inilah Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan toilet di pesawat merupakan persoalan penting bagi para penumpangnya. Ternyata, berdasarkan pengamatan, ukuran toilet pada saat ini semakin kecil dibandingkan dengan pesawat keluaran lama. Inilah penyebab dan alasannya, seperti yang dirilis oleh cntraveler.com, Kamis (16/2//2017).

Ternyata bukan hanya kursi dan ruang kaki yang makin menyempit, bahkan toilet di pesawat kini mengalami perubahan ukuran. Pada beberapa jenis pesawat seperti Boeing 737, 757, 777 dan Airbus A320, memiliki ukuran toilet yang lebih kecil beberapa inchi pada panjang, lebar dan tingginya.

Salah satu reporter dari New York Times menguji perbedaan ukuran toilet dari maskapai United 757-300 dan pesawat terbarunya, United 737-800. Hasilnya cukup mengejutkan, ukuran toilet 737-800 memiliki perbedaan dua inchi atau lima sentimeter, dibanding pendahulunya 757-300. Namun pesawat terbaru memiliki toilet yang lebih tinggi dua inchi dibanding yang lama.

Pengecilan ukuran toilet ternyata dimanfaatkan oleh maskapai untuk memperbanyak jumlah kursi penumpang. Setiap pesawat dahulu memiliki jumlah kursi rata-rata 149 buah, sedangkan hari ini jumlah kursinya meningkat hingga 154. Tentunya peningkatan ini terjadi karena pengecilan kursi, ruang kaki, dan tentunya toilet pesawat.

Tentunya hal ini menjadi permasalahan baru, karena ukuran toilet yang kecil akan menyulitkan para pengguna. Apalagi untuk penumpang yang memiliki disabilitas, dan penumpang yang memiliki kelebihan berat badan. Pertolongan pertama dalam kecelakaan juga makin sulit dilakukan, karena ukuran toilet yang hanya cukup untuk satu orang.

Artikel Selanjutnya
Bikin Geger Warga, Ini Rahasia di Balik Mobil Hantu
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!