Sukses

7 Makanan Ini Bisa Mengembalikan Mood yang Buruk Menjadi Ceria

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengalami keadaan sangat malas untuk berangkat kerja dengan mood yang sangat buruk? Rasanya ingin mengurung diri karena tidak ingin bertemu orang lain? Ini adalah keadaan yang sangat menyiksa. Sayangnya untuk melakukan segala aktifitas dengan baik, jiwa dan raga harus siap untuk melakukannya. Jika badan terasa lemas dan mood sangat tidak mendukung untuk bekerja dan berpikir, bagaimana Anda bisa melakukan banyak hal dengan maksimal?

Kebutuhan untuk segera bahagia dan ceria kembali menduduki posisi puncak agar keadaan seperti ini tidak berkelanjutan. Sangat berbahaya jika banyak persoalan dalam hidup yang semakin terbengkalai karena mood Anda buruk dan tidak bahagia. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menjadi bahagia termasuk dengan makan.

Aktifitas menikmati makanan bisa jadi bentuk pelarian seseorang untuk menghalau kesedihannya. Pada kenyataannya makanan cukup ampuh untuk membangkitkan mood, tentunya tidak sembarang makanan. Dilansir dari laman todayslifestyle, ada 7 makanan yang bisa membuat Anda segera bahagia.

Kacang–kacangan
Suka ngemil? Aktifitas mengunyah ini memang solusi ampuh untuk menghalau kebosanan. Tanpa sadar begitu banyak jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh karena begitu asyiknya ngemil. Ngemil makanan yang tepat seperti kacang–kacangan perlu Anda lakukan, seperti kacang tanah, kacang polong dan kacang merah yang kaya akan magnesium. Hal ini juga bisa membuat Anda bertenaga tanpa membuat ukuran pinggang jadi melar.

1 dari 4 halaman

Biji Kenari

Biji Kenari
Jika mood sangat buruk dan Anda dalam keadaan stres segera cari biji kenari. Biji kenari merupakan makanan yang mengandung banyak serotonin. Serotonin merupakan hormon yang menghantar pesan (neurotransmitter) dalam otak dan berfungsi untuk mempengaruhi mood, keinginan, hingga menekan stres.

Selain itu serotonin merupakan hormon penting yang juga mempengaruhi system kardiovaskuler pada jantung dan system endokrin dalam tubuh.

Kopi

Ilustrasi Kopi
Banyak orang yang berusaha untuk mengembalikan kesegaran tubuhnya terutama ketika rasa kantuk menyerang dengan minum kopi. Meskipun memang ada kontroversi tentang manfaat kopi. Pada umumnya meminum kopi cukup ampuh untuk mengembalikan semangat. Tentunya dalam porsi yang masih dianjurkan dan tidak berlebihan. Kafein yang terkandung dalam kopi memang dapat merangsang saraf pusat pada otak, namun mengkonsumsi lebih dari 300 mg kafein yang terkandung dalam kopi justru akan berdampak buruk pada kecemasan. Dua cangkir kopi dalam sehari masih aman untuk Anda nikmati dan membuat Anda kembali bersemangat.

2 dari 4 halaman

Ikan

Ikan
Kebiasaan makan ikan banyak dilakukan masyarakat Jepang. Bisa jadi ini berpengaruh terhadap semangat hidup masyarakat Jepang yang tinggi. Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan Omega-3 terutama pada ikan salmon dan tuna. Omega-3 juga berperan untuk membangkitkan mood yang sedang turun. Jika Anda juga mencari sumber Omega-3 pada buah-buahan, alpukat bisa jadi pilihan Anda.

Daging ikan

Kunyit
Apakah Anda pernah menikmati nasi kuning? Menu tradisional yang khas ini banyak ditemui pada acara syukuran. Warna kuning pada nasi kuning dihasilkan dari menanak nasi dengan air kunyit. Selepas menyantap nasi kuning rasanya bahagia dan bersyukur, bisa jadi karena rasa lapar tertutupi. Tetapi ada manfaat tersembunyi yang terdapat dalam kunyit sebagai sumber alami anti depresan penghalau stres. Selain itu kunyit juga digunakan sebagai antibiotik alami dalam pengobatan herbal.

3 dari 4 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Malas makan sayur? Sepertinya kebiasaan itu harus diubah. Jika Anda ingin selalu bahagia dalam hidup perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hujau seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin B dan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat juga terbukti untuk menjaga suasana hati tetap dalam kondisi nyaman.

Sayuran hijau. (via: klcbs.net)

Daging Ayam
Sebagian orang memperoleh rasa bahagia setelah menikmati daging ayam. Rasanya yang gurih dan enak di lidah kadang dijadikan pelarian untuk menghalau kesedihan. Produk yang dihasilkan unggas seperti daging dan telur mengadung zat tryptophan yang akan membangkitkan perasaan bahagia, dan membuat suasana hati kembali nyaman. Jika Anda mencari booster alami untuk membangkitkan mood tak ada salahnya menikmati sepotong daging ayam.

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
Mau Langgeng? Jangan Pernah Ucapkan 6 Hal Ini pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
Bertubuh Ekstra, Pretty Asmara Pede Tampil Nyentrik dan Terbuka