Sukses

Belanja dan Pengeluaran Tambah Irit dengan Tambahan Kartu Kredit?

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang kartu kredit bagaikan jebakan, semakin banyak kartu kredit semakin besar juga pengeluaran. Ternyata hal ini salah dimengerti, dikarenakan banyak orang yang belum mengerti betapa bermanfaatnya kartu kredit bila digunakan dengan cara yang tepat. 

Kartu kredit diciptakan sebagai alat pembayaran yang simpel dan fleksibel. Bahkan lebih dari itu, kartu kredit bisa dipakai untuk mengatur keuangan agar lebih hemat. Artinya, makin banyak kartu kredit, makin banyak pula yang bisa dihemat bila tahu cara penggunaannya.

Berikut trik menarik dari DuitPintar.com yang bisa Anda lakukan agar pengeluaran menjadi lebih hemat.

1. Pilih yang keunggulannya berbeda
Memiliki 5 buah kartu kredit kalau manfaatnya sama tidak akan bermanfaat dengan maksimal. Sebaiknya, pilih kartu kredit dengan keunggulan yang berbeda. Misalnya kartu kredit A buat kebutuhan umum. Kartu kredit B untuk traveling dan kartu kredit C untuk berbelanja.

Cocokkan beragam promo dan program kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Sebab, masing-masing kartu punya keunggulan tersendiri.

1 dari 3 halaman

Atur anggaran dengan baik

2. Atur anggaran dengan baik
Semakin banyak kartu kredit, tanggung jawab pun bertambah. Anggaran mutlak diperhatikan dengan lebih saksama. Angka yang sering direkomendasikan perencana keuangan adalah maksimal cicilan per bulan 30 persen dari penghasilan. Bila penghasilan Rp 10 juta, berarti maksimal tagihan kartu kredit Rp 3 juta.
Itu bila Anda tidak ada tanggungan cicilan lainnya, misalnya kendaraan atau rumah.

Jika total cicilan lebih dari 30 persen, bisa dikatakan keuangan Anda tidak sehat. Selain itu, pastikan batas pemakaian kartu kredit di bawah limit kartu kredit tersebut.

3. Pemahaman kartu kredit
Yakin sudah paham manfaat kartu kredit? Setiap kartu kredit umumnya memberikan point rewards, cashback atau diskon. Manfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin.
Caranya, usahakan cari merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu saat akan membeli produk atau jasa tertentu. 

2 dari 3 halaman

Waspadai bahayanya

4. Waspadai bahayanya
Meski mengandung banyak manfaat, memiliki kartu kredit lebih dari satu juga bisa membahayakan. Terutama untuk Anda yang sulit mengatur keuangan dengan baik.

Ingat kartu kredit merupakan alat pembayaran yang harus dibayar kemudian. Jangan sampai Anda melupakan jatuh tempo tagihan kartu kredit Anda.

Simpan kartu kredit dalam dompet khusus, dan selalu periksa setiap hari kelengkapannya. Bila ada yang hilang, segera telepon bank penerbit kartu kredit untuk pemblokiran.

Artikel Selanjutnya
Mau Langgeng? Jangan Pernah Ucapkan 6 Hal Ini pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
Bertubuh Ekstra, Pretty Asmara Pede Tampil Nyentrik dan Terbuka