Sukses

Terkuat di Dunia, Bola Lampu Ini Menyala 116 Tahun Sejak 1901

Liputan6.com, Jakarta Bola lampu menjadi sebuah hal yang kini ketinggalan zaman dibanding dengan teknologi lampu LED. Tapi kekuatan bola lampu ini mampu menghalahkan teknologi lampu apapun, karena berhasil menyala selama 116 tahun. Seperti yang dirilis dari Wikipedia.com, Rabu (15/2/2017).

Nama bola lampu ini adalah Centennial Light yang terbuat dari filamen karbon yang sudah menyala sejak tahun 1901 di California. Tercatat di Guinnes Book of World Records, Ripley’s Believe It or Not, dan General Electrik, bola lampu ini terus memancarkan cahayanya hingga hari ini.

Centennial Light merupakan sebuah bola lampu yang memiliki kekuatan 60 watt yang kini redup seperti lampu 4 watt. Dibuat pada tahun 1890 di Shelby Electric Company, Ohio, Amerika Serikat, lampu ini dihibahkan kepada unit pemadam kebakaran ketika perusahaan tersebut dijual. Cerita ini juga didukung oleh para pemadam kebakaran pada era tersebut, sehingga dapat dipercaya kebenarannya.

Lampu Centennial Light ini berhasil menyala 116 tahun sejak 1901 (Foto : centennialbulb.org)

Lampu ini juga sering berpindah ke berbagai lokasi. Tercatat ada empat lokasi di mana Centennial Light pernah digunakan, mulai dari gudang damkar, berpindah ke garasi, dan ke kantor walikota sebelum berakhir di kantor pemadam kebakaran untuk terakhir kalinya. Keanehan dari bola lampu ini akhirnya diketahui tahun 1972 oleh reporter Mike Dunstan.

Karena tulisan Dunstan pula, kepopuleran bola lampu Centennial Light ini mulai terkenal di seantero Amerika Serikat. Akhirnya dibentuklah departemen khusus untuk menjaga lampu ini tetap menyala, yaitu Centennial Light Bulb Committee. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa bola lampu ini tetap menyala karena membutuhkan sedikit tenaga, suplai listrik yang tetap terjaga dan selalu digunakan setiap harinya.

Artikel Selanjutnya
Jelang Vietnam Vs Indonesia, Lampu Stadion Selayang Sempat Mati
Artikel Selanjutnya
Vietnam Vs Indonesia: Lampu Utama Stadion Selayang Sempat Mati