Sukses

Masak Terlalu Pedas, Netralkan dengan Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Saat proses memasak, mungkin Anda tidak menyadari memasukan cabai terlalu banyak. Ini membuat masakan begitu pedas. Bagi penyuka pedas, mungkin makanan pedas justru menjadi favorit. Namun, bagaimana jika makanan pedas akan dimakan juga oleh orang yang tak suka pedas?

Bisa saja masakan juga diperuntukan untuk anak-anak atau anggota keluarga yang tidak dapat mengkonsumsi makanan pedas. Jika sudah begini, jangan langsung membuang masakan. Anda masih bisa melanjutkan proses memasak sehingga masakan menjadi lebih enak.

Berikut cara untuk mengurangi sensasi terbakar dari masakan pedas, seperti dilansir dari laman The Kitchen, Kamis (16/2/2017). 

1. Tambahkan bahan baku masakan lainnya
Anda dapat mengurangi konsentrasi pedas dari masakan dengan menambahkan bahan baku lainnya. Misalnya, Anda memasak nasi goreng, maka tambahkan nasi untuk mengurangi kepedasan masakan. Atau jika Anda memasak sup dan makanan berkuah lainnya, Anda juga bisa menambahkan kuah.

2. Tambahkan susu
Susu merupakan bahan yang dapat melarutkan capsaicin, senyawa dalam cabai yang memberikan sensasi pedas. Maka penambahan susu mampu mengurangi rasa pedas pada masakan.

3. Tambahkan asam
Masakan Thailand biasanya memiliki rasa pedas dan asam sekaligus. Ternyata ini salah satu cara untuk menetralkan pedas dari banyaknya cabai yang dipakai untuk memasak. Menambahkan perasa asam juga bisa berguna untuk mengurangi kepedasan masakan Anda.

4. Tambahkan gula
Seperti asam, gula atau pemanis lainnya pun dapat mengurangi sensasi pedas dari masakan. Namun tentu harus disesuaikan dengan selera dan masakan. Tentu ada masakan yang tidak enak bila dibuat terlalu manis, bukan?

5. Tambahkan saus kacang
Rasa saus kacang terbilang intens sehingga dapat mengalihkan sensasi pedas di lidah. Namun, tentu cara ini perlu disesuaikan dengan jenis masakan yang dimasak.

6. Sajikan dengan roti atau nasi 
Roti atau nasi dapat mengurangi rasa pedas masakan ketika sudah sampai di lidah. Maka, cara ini sangat berguna bila Anda ingin makan makanan pedas tanpa sensasi yang terlalu membakar.

 

 

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk