Sukses

Anggaran Terbatas Bukan Halangan untuk Traveling, Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah surganya destinasi wisata. Dari ujung timur sampai barat, ada saja lokasi yang seru untuk traveling. Namun untuk dapat melakukan traveling, sebagian orang tidak hanya ngeluh soal waktu namun juga tentang anggaran. Jangan khawatir, selain banyak pilihan, destinasi wisata di Indonesia cukup terjangkau biayanya. 

Berikut ini 4 destinasi wisata rekomendasi dari DuitPintar.com yang terkenal murah dan dapat dikunjungi dengan anggaran yang terbatas.

1. Yogyakarta
Sugeng rawuh dumateng Ngayogyokarto. Begitu sapaan selamat datang ke Yogyakarta dalam bahasa Jawa. Provinsi ini adalah gudangnya mahasiswa, harga-harga produk dari makanan sampai pakaian pun kelas mahasiswa. Di sekitar Malioboro, banyak hotel berharga miring dengan fasilitas memuaskan.

Makan dengan harga menu Rp 10 ribu sudah bisa kenyang di angkringan. Dapat nasi, lauk, plus es teh manis. Lokasi yang bisa dikunjungi antara lain, Pantai Parangtritis, Depok, Parangkusumo di Bantul, Pantai Indrayanti, Sundak, Samas, Baron, Kukup, Krakal di Gunungkidul, Gua Pindul, Jomblang, Kalisuci di Gunungkidul, Candi Prambanan di Kalasan, Candi Borobudur di Magelang, Malioboro, Taman Pintar, Keraton di pusat Kota Yogyakarta.

Harga tiket masuk lokasi wisata berkisar antara Rp 2 ribu-Rp 30 ribu. Bila ingin lebih hemat, bisa cari agen travel yang menawarkan paket wisata sekaligus.
Dari Jakarta, bisa naik bus, kereta, atau pesawat. Disarankan naik kereta ekonomi seperti Bengawan atau Progo agar tidak kena macet dan murah, sekitar Rp 60-Rp 125 ribu.

1 dari 3 halaman

Malang

2. Malang
Kota di Jawa Timur ini lokasinya sangat strategis. Mau ke Batu, dekat. Ke Bromo atau Semeru juga begitu. Mau ke pantai juga ada banyak pilihan. Urusan makan, gampang. Di warteg Malang, nasi, sayur, plus telur cuma Rp 5 ribu-Rp 6 ribu. Mau tambah es teh, siapkan Rp 2 ribu-Rp 3 ribu. Ingin menikmati makanan khas di sini, pilihan menu seperti tahu tek yang hanya Rp 8.000 atau sate Malang lengkap Rp 15 ribu bisa Anda coba.

Di sekitar alun-alun banyak pilihan hotel murah di Malang. Lokasinya pas di tengah kota lagi. Destinasi wisata yang bisa dikunjungi, Jawa Timur Park 1 dan 2, Batu Night Spectacular, Museum Angkut, Gunung Semeru dan Gunung Bromo, hingga Pantai Balekambang dan Goa Cina

Harga tiket termahal hanya di Jawa Timur Park, karena ada beragam wahana permainan. Biar lebih irit, gunakan kereta Matarmaja yang harga tiketnya Rp 100 ribuan.

3. Bogor
Tidak perlu jauh-jauh dari ibu kota. Di Bogor, sejumlah atraksi wisata bisa dicoba. Bahkan tidak perlu menginap.

Soal makan bisa dibikin super irit bila mau membawa bekal dari rumah. Anda juga bisa menikmati makanan senilai Rp 7 ribu hingga kenyang di warteg, atau menikmati sajian di warung Padang senilai Rp 8 ribu di Bogor.

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi adalah Puncak, Kebun Raya, Istana Bogor, Prasasti Batutulis, Museum PETA, Curug Cibaliung dan beragam wisata kuliner.

Dari Jakarta Anda bisa menggunakan kereta KRL dan lanjut menggunakan angkot. 

2 dari 3 halaman

Kebumen

4. Kebumen
Kebumen ada di Jawa Tengah, dekat dengan Yogyakarta. Semua hal di sini sangat murah. Bila Anda memiliki uang sebanyak Rp 250 juta sudah bisa membeli rumah baru dengan luas tanah 90 m2. 

Kulinernya pun lezat dan murah meriah. Ada sate ambal seharga Rp 8 ribu-Rp 10 ribu. Ada pula soto Tamanwinangun yang porsinya besar dengan daging entok, yang hanya Rp 10 ribu saja.

Penginapan berharga terjangkau juga banyak pilihannya di sini. Bahkan pemerintah kabupatennya sudah menyediakan data alamat plus nomor telepon hotel di Kebumen.
Destinasi wisata yang bisa didatangi adalah, Pantai Ayah, Pantai Karangbolong, Goa Barat, Curug Silancur, Benteng Van der Wijck, dan Goa Jatijajar

Anda dapat naik kereta jurusan Solo atau Yogyakarta, dan turun di Stasiun Kebumen.

Gimana, sudah terbayang bagaimana destinasi wisata di 4 daerah di atas? Lokasinya masih di Pulau Jawa, mengingat anggaran jadi pertimbangan utama, Anda dapat tetap traveling dengan anggaran terbatas dan sesuai dengan kemampuan.

Artikel Selanjutnya
Pesona Dewi Pule: Treking Sungai dan Belajar 12 Olahan Salak
Artikel Selanjutnya
Tak Sampai Rp 1 Juta, Hotel Beri Layanan Istimewa Libur Panjang