Sukses

Awas Tergoda Belanja dengan Beragam Bujukan di Mini Market

Liputan6.com, Jakarta "Ini aja bu? Ada tambahan lain atau tidak? Mau beli pulsanya sekalian bu?" Tahu dong kalimat seperti ini paling sering keluar dari bagian kasir saat Anda pergi belanja di minimarket. Tidak percaya? Coba ke minimarket terdekat dan perhatikan sewaktu Anda membayar belanjaan di kasir.

Yang biasanya akan ditawarkan adalah pulsa elektrik, voucher listrik prabayar, promo produk hingga donasi. Biasanya para wanita paling sulit menangkis kalau sang kasir sudah melancarkan serangan promo produk. Seperti program beli satu gratis satu dan sejenisnya.

Niat awal ke minimarket hanya ingin membeli pasta gigi dan sabun mandi malah belanja hingga 2 kantong plastik besar.

Supaya tidak keterusan, DuitPintar.com berbagi tips belanja untuk Anda. Perhatikan beberapa hal yang kerap membuat Anda tergoda dan berkahir dengan aktivitas belanja yang seharusnya tak perlu terjadi.

1. Tidak tahan godaan
Hal ini sangat berbahaya kalau sudah berhadapan dengan rayuan maut kasir. Mungkin sebenarnya tidak mau belanja macam-macam, tapi karena dipersuasi dengan kalimat "Yakin gak mau bu? Mumpung lagi promo", luluh deh pertahanan dan akhirnya menyerah pasrah merogoh kocek lebih dalam.

2. Bawa duit cash lebih
Saat pergi belanja ke minimarket dan melihat promo ini itu, ditambah informasi tambahan dari kasir, duit lebih yang ada di dompet akan sangat mudah melayang.

3. Gengsi
Tidak sedikit pembeli yang gengsi, dan demi tidak dianggap pelit atau tidak punya duit, akan terayu bujuk rayu sang kasir. Sampai di rumah menyesal karena sebenarnya barang yang dibeli tidak dibutuhkan.

4. Iseng
Rasa iseng biasanya berujung dengan keputusan berjalan-jalan ke luar rumah. Tanpa sadar langkah kaki menuju ke minimarket dekat rumah dan akhirnya belanja hal-hal yang tadinya tidak diperlukan.

5. Hobi jajan
Hampir semua orang menyukai snack. Entah itu makanan atau minuman ringan. Hal ini akan berujung dengan hobi membeli beragam jajanan setiap hari. Apalagi kalau lagi lapar, bisa jadi semua snack yang ada di meja kasir tanpa pikir panjang langsung dibeli.

Lima contoh di atas mungkin hanya sebagian dari hal lain yang harus jadi pertimbangan saat belanja. Intinya lagi-lagi kendalikan pengeluaran. Jangan membeli hal-hal yang tidak Anda butuhkan dan tidak sesuai dengan kemampuan.

Artikel Selanjutnya
Heboh, Tas Keranjang Belanja Jadi Aksesori Mahal di Eropa
Artikel Selanjutnya
Bahagianya Tinggal di Apartemen Yang Memiliki Street Shopping