Sukses

7 Fakta Tak Biasa Grammy Awards yang Jarang Diketahui Orang

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Grammy Awards 2017 merupakan kali ke-59 semenjak diadakan pertama kalinya di tahun 1959. Sepanjang pagelaran Grammy Awards, ternyata banyak fakta-fakta tak biasa yang jarang diketahui oleh masyarakat. Seperti yang dirilis oleh Wikipedia.com, Senin (13/2/2017).

Gramophone Trophy yang diberikan masih palsu
Ternyata, trophy emas yang diberikan pada pemenang saaat malam penghargaan Grammy Awards ternyata masih palsu. Hal ini dikarenakan proses pembuatan piala dilaksanakan secara manual untuk masing-masing pemenang. Pembuat pialanya sendiri baru mengetahui para pemenang saat malam penghargaan. Akhirnya piala yang diberikan pada pemenang hanyalah piala palsu, tanpa nama artis yang menang.

Hanya 2 artis yang berhasil memenangkan 4 kategori umum
4 kategori umum ini merupakan penghargaan tanpa melihat genre apapun, seperti Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year, dan Best New Artist. Tentunya penghargaan ini hanya diberikan pada tembang, album, dan artis terbaik setiap tahunnya. Hanya 2 artis yang berhasil memenangkan semua kategori ini yaitu, Christopher Cross tahun 1980, dan Adele yang menang Best New Artist 2009 dan tiga lainnya tahun 2012.

Penyanyi palsu, gelar Grammy Awards dicabut
Ternyata, panitia Grammy Awards juga pernah kecolongan memberikan penghargaan pada kategori Best New Artist, tahun 1990. Duo R&B, Milli Vanilli, yang mendapatkan penghargaan Grammy, ternyata tidak pernah menyanyi satu bagian pun dalam lagu mereka. Karena itulah, Grammy Awards mencabut penghargaan yang pernah diberikan.

Grammy juga diberikan pada tokoh kartun
Meski penghargaan Grammy diberikan pada penyanyi terpopuler, ternyata tokoh kartun dan presiden juga bisa diberikan penghargaan ini. Mereka adalah Elmo dari Sesame Street, Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Barack Obama.

Grammy 2012 potong 31 kategori
Pada tahun 2011, The Recording Academy yang menjadi panitia dari Grammy memotong 31 kategori yang sudah diberikan tahun-tahun sebelumnya. Kategori ini dihapuskan karena sedikitnya peserta yang bisa mengikuti seleksi penghargaan, selain itu terjadi beberapa penggabungan kategori yang ada. Akhirnya, jumlah penghargaan Grammy 2012 turun menjadi 78 kategori dari sebelumnya 109.

Malam penganugerahan terjadi dua kali
Ternyata, malam penghargaan Grammy Awards dilakukan dua kali untuk memberikan seluruh penghargaan. Grammy yang diberikan pada saat siaran langsug merupakan 12 kategori terkenal yang populer dikalangan pencinta musik. Sedangkan untuk yang lainnya, akan diberikan pada acara “Premiere Ceremony” pada sore hari sebelum Grammy Awards ditayangkan.

Iklan 30 detik berharga Rp 15 miliar
Iklan yang ditonton saat Grammy Awards ternyata harus membayar 1,2 juta US dolar atau sekitar Rp 15 miliar untuk durasi 30 detik. Harga ini terus meningkat dari tahun ke tahun dari sebelumnya pada tahun 2015, biaya iklan yang harus dikeluarkan adalah 1 juta US dolat atau sekitar Rp 13 miliar untuk durasi yang sama.

Artikel Selanjutnya
Grammy Awards 2017 Milik Adele
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Joey Alexander Sita Perhatian di Grammy Awards 2017