Sukses

Ingin Lebih Sukses dalam Karier dan Pekerjaan? Ini Rahasianya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang bekerja dan mengejar karier untuk mengaplikasikan eksistensi dirinya. Selain alasan untuk meraih pendapatan, bekerja adalah wadah untuk menerapkan segala potensi diri untuk dibuktikan pada hasil pekerjaan dan perjalanan karir. Jika selama ini gairah untuk bekerja sangat sedikit, mungkin sebenarnya kita belum mengetahui potensi maksimal yang terpendam di dalam diri untuk diterapkan dalam aktifitas kerja.

Dilansir dari situs Sonima, Penulis buku Seppala dalam buku yang ditulisnya "The Happiness Track: How to Apply the Science of Happiness to Accelerate Your Success", mengatakan bahwa kita bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan lebih menikmati apa yang dikerjakan jika kita lebih perhatian pada diri sendiri pada saat menjalani pekerjaan itu.

Sebagian besar justru melakukan sebaliknya. Upaya untuk lebih berhasil dalam pekerjaan dan karier dilakukan dengan terlalu berlebihan dalam bekerja, padahal pada akhirnya hasil maksimal belum tentu tercapai. Dalam bukunya, Seppala menyampaikan 3 rahasia untuk bisa lebih sukses dalam pekerjaan dan karier.

Biarkan Otak Beristirahat
Pernahkah Anda mendapatkan suatu masalah dalam pekerjaan kemudian berusaha keras untuk mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan itu tetapi Anda sama sekali tidak bisa menemukan jalan keluarnya. Bisa jadi ini karena Anda mencoba terlalu keras. Padahal ada penelitian yang menyimpulkan ketika Anda terlalu fokus pada suatu hal, saat itu otak tidak berada pada kondisi kreatif. Otak justru bisa memproduksi banyak kreatifitas ketika ada dalam kondisi istirahat, relaks dan santai, maka di situlah timbul kreatifitas yang bisa menjadi solusi dari banyak hal.

Berhenti Mengkritik dan Menyalahkan Diri Sendiri
Pengharapan yang tinggi untuk meraih kesuksesan dalam pekerjaan membuat sebagian orang menerapkan standar yang tinggi dalam bekerja dan menjadi terlalu keras terhadap diri sendiri. Ketidak mampuan untuk mencapai standar yang dikehendaki membuat mereka sering mengkritik dan menyalahkan diri sendiri dan memaksa diri untuk bekerja terlalu keras. Kita justru akan merusak pertahanan diri dan menyakiti diri sendiri saat sering menyalahkan dan mengkritik diri dalam pekerjaan. Sementara penelitian justru menyimpulkan bahwa kasih sayang dan perhatian terhadap diri sendiri sangat kuat untuk membangun pertahanan diri.

Memberi Perhatian Pada Orang Lain
Mungkin ada pemikiran yang mengatakan bahwa selalu memposisikan diri sebagai orang nomor satu dialah yang akan menjadi pemenang. Padahal jika kita hanya tertarik pada diri sendiri mengacuhkan pencapaian orang banyak, kita hanya akan mencapai target untuk diri sendiri dan itu kehidupan yang sangat terbatas. Sebenarnya aktifitas manusia untuk bekerja juga untuk mendapatkan banyak hal dalam hidup. Mulai memberi perhatian dan peduli pada permasalahan orang lain akan memberihan banyak hal positif untuk Anda. Anda akan mendapatkan balasan kasih sayang, kepedulian, perhatian dan bantuan untuk menyelesaikan banyak hal termasuk pekerjaan. Bahkan ada penelitian yang menunjukan bahwa seseorang yang ramah terhadap rekan–rekan kerjanya dia akan menjadi orang yang berpengaruh. Pengaruh yang dimilikinya akan memudahkannya untuk mendapat bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan dan karier yang sukses.


Melia Citra

Artikel Selanjutnya
Sudah Bosan dengan Pekerjaan Anda? Coba Periksa 2 Hal Berikut
Artikel Selanjutnya
Fresh Graduate, Lupakan 5 Hal Ini Jika Mau Sukses Berkarier