Sukses

Mides dan Abangan, 2 Kuliner Unik yang Sedang Naik Daun di Bantul

Liputan6.com, Yogyakarta Saat berkunjung ke Pasar Pundong, Bantul, jangan lupa untuk menyicip Mides dan Abangan, mengingat kuliner khas Bantul yang sedang naik daun ini tidak dijumpai di pasar lainnya. Mides atau akronim dari Mi Pedes merupakan sajian mi yang dibuat dari bahan tepung dan bentuknya menyerupai cendol.

Nur Asih, penjual Mides dan Abangan saat dijumpai awak Liputan6.com, Sabtu (11/2/2017) mengaku, Mides buatannya telah menjadi ciri khas dan kerap menjadi buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Pasar Pundong. Sudah berjualan sejak 2004, Nur Asih hanya ingin kuliner khas Pundong ini tetap lestari dan makin digemari banyak orang.

"Mides ini bisa dibilang Bakmi Pundong Khas sini. Bisa disebut juga bakmi singkong. Karena menggunakan bahan dari tepung singkong," ungkap Nur Asih.

Mides atau akronim dari Mi Pedes merupakan sajian mi yang dibuat dari bahan tepung dan bentuknya menyerupai cendol. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Sementara itu, Abangan merupakan kuliner yang mirip Cap Cay dari segi rasa. Namun Asih menjelaskan Abangan menggunakan bahan dari getah ketela lalu dicampur dengan tepung singkong dan gandum, setelah itu diolah dan dipotong kotak-kotak kecil. Abangan memiliki cita rasa asem pedas dan gurih yang menyatu menjadi sensasi rasa unik yang tidak didapatkan pada Cap Cay. 

Abangan menggunakan bahan dari getah ketela lalu dicampur dengan tepung singkong dan gandum. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Bagi Anda yang berkunjung ke Bantul, sempatkan mampir ke Pasar Pundong untuk menikmati dua kuliner khas yang tak hanya lezat, tapi juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. (Yanuar H)

Artikel Selanjutnya
Sarapan Pagi dengan 5 Menu Penggoda Selera Khas Jambi
Artikel Selanjutnya
Bubur Pecel Kuah Kacang, Nikmatnya Bikin Nagih