Sukses

Pekerjaan Menumpuk Tapi Susah Konsentrasi? Periksa Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami keadaaan di mana niat sudah bulat untuk merampungkan pekerjaan terutama yang membutuhkan berpikir untuk menyelesaikannya, tetapi sulit sekali untuk fokus dan konsentrasi? Padahal lingkungan sekitar tidak mengganggu, suasana kantor sepertinya kondusif untuk bekerja. Apa yang salah?

Jika faktor luar bukanlah penyebab terganggunya konsentrasi, Anda perlu melihat lagi apa yang diterapkan dalam kehidupan Anda belakangan ini. Dilansir dari situs Sonima ada 4 hal yang menjadi penyebab terganggunya konsentrasi saat Anda berusaha keras menyelesaikan pekerjaan.

Menderita Alergi Musiman
Segala sesuatunya sudah dipersiapkan di meja kerja, termasuk layar komputer dan keyboard. Sayangnya konsentrasi Anda bisa terganggu setiap kali Anda harus mengambil tissue untuk menghapus cairan yang keluar dari hidung saat musim dingin. Bisa saja kebiasaan bersin Anda meningkat manakala angin bertiup lebih kencang belakangan ini. Debu yang dibawanya membuat Anda lebih sering bersin. Pilek, bersin, gatal–gatal, sesak nafas karena alergi oleh perubahan cuaca memang sangat mengganggu. Yang perlu dilakukan adalah meminimalisir debu berada dekat tempat Anda bekerja dan mengkondisikan tubuh tetap berada dalam ruangan bersuhu hangat.

1 dari 3 halaman

Alergi Makanan

Alergi Makanan
Makanan adalah sumber energi untuk manusia beraktifitas. Jika tubuh belum diisi makanan, tenaga untuk melakukan banyak hal pun tidak tersedia. Sayangnya tidak sembarang makanan bisa dikonsumsi. Makanan tertentu mungkin saja membuat Anda jadi susah untuk konsentrasi. Misalnya perut Anda jadi kembung setelah minum susu. Penyebabnya bisa jadi Anda alergi terhadap susu. Ada baiknya menghindari makanan yang membuat tubuh Anda jadi tidak nyaman saat akan bekerja, sehingga konsentrasi dan fokus Anda bisa tetap terjaga.

Tidur Tidak Nyeyak
Rekomendasi yang sering kita dengar untuk tidur yang berkualitas adalah 7 sampai 8 jam. Tetapi apakah waktu yang cukup lama ini akan menjamin tidur Anda berkualitas? Jika Anda mengalami gangguan tidur selama waktu itu seperti mendengkur atau sering bangun di tengah tidur ini menyebabkan tidur Anda jadi tidak nyenyak. Padahal tidur yang berkualitas memainkan peran penting dalam penguatan memori untuk mengolah informasi yang didapat sebelumnya. Jika tidur Anda tidak nyenyak, pastinya akan mengganggu fungsi otak untuk beraktifitas di hari selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Cemas dan Tidak Tahu Apa Penyebabnya

Cemas dan Tidak Tahu Apa Penyebabnya
Pernahkah Anda membaca buku dan terus berada di halaman yang sama tanpa beralih dari kalimat yang Anda lihat? Pandangan Anda tertuju pada kalimat itu tapi pikiran Anda tidak bisa masuk ke dalamnya. Atau ketika berbicara dengan seseorang sepertinya Anda melihat wajah orang yang ada di hadapan Anda, padahal pikiran Anda entah melayang kemana. Jika ini yang Anda Alami, mungkin sebetulnya ada banyak hal yang membebani pikiran Anda yang membuat Anda menjadi cemas bahkan depresi. Otak terlalu banyak beban untuk memikirkan banyak hal sehingga akhirnya membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi.

Jika sekarang ini Anda masih sulit untuk berkonsentrasi saat akan menyelesaikan pekerjaan, bisa jadi 4 hal di atas yang jadi penyebabnya. Segera cari solusinya, dan biarkan kemampuanan berkonsentrasi membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
3 Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja
Artikel Selanjutnya
9 Tanda Anda Butuh Istirahat dari Bekerja