Sukses

Luar Biasa, 9 Hal Ini Terjadi pada Tubuh ketika Anda Ciuman

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering membaca beberapa artikel tentang manfaat berciuman bagi suasana hati, juga kesehatan. Pernahkah terpikir apa yang terjadi pada tubuh ketika Anda ciuman?

Dilansir dari yourtango.com, Minggu (12/2/2017), berikut ini adalah beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika Anda ciuman.

1. Intensitas hubungan meningkat
Ciuman merupakan alat ukur terpenting untuk menentukan apakah Anda cocok dengan pasangan. Ketika Anda dan pasangan bertukar reseptor sensasional, Anda akan langsung mengetahui kompatibilitasnya.

Dari kecil, Anda telah menggunakan bibir dan lidah untuk memutuskan apa yang baik untuk dimakan dan tidak, sehingga tidak heran ketika ciuman, Anda juga bisa merasakan seseorang itu cocok untuk bersama atau tidak.

2. Meningkatkan suasana hati
Sentuhan fisik dengan seseorang dapat mengaktifkan otak untuk menghasilkan hormon oksitosin, dopamin, dan serotonin, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

3. Melawan infeksi
Ciuman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang juga dapat membantu Anda melawan infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa air liur di sekitar mulut dapat mengurangi bakteri jahat untuk menuju ke gigi. Ciuman dapat dianggap sebagai cara alami untuk bertahan dari paparan kuman.

4. Meningkatkan keintiman dan ikatan dengan pasangan
Ketika ciuman, tubuh Anda mengerti bahwa itu tanda untuk membentuk ikatan yang selanjutnya akan menghasilkan kedekatan dan rasa aman. Ciuman adalah tanda bahwa Anda juga membutuhkan keintiman dengan orang lain.

5. Mengurangi stres
Bekerja seharian dapat meningkatkan kortisol atau hormon stres. Salah satu cara untuk menurunkan hormon ini adalah bermesraan dengan pasangan, salah satunya dengan berciuman.

6. Meningkatkan kepercayaan diri
Ciuman dapat meningkatkan dua hal sekaligus, yaitu harga diri dan kepercayaan diri.

7. Membuat Anda tampak lebih muda
Para peneliti menyatakan dengan ciuman Anda menggerakkan 34 otot di wajah, membantu mengencangkan garis rahang menjadi lebih jelas. Selain itu, wajah akan terlihat lebih bercahaya, bahagia, dan muda.

8. Membangkitkan seksualitas
Ciuman dapat menjadi pengantar bagi seluruh indera Anda merasakan sensasi ke tingkat yang lebih tinggi, melakukan eksplorasi seksual.

9. Keterampilan hidup yang harus Anda kuasai
Berhubungan dengan orang lain berarti Anda belajar percaya, berbagi ruang pribadi, dan terbuka dengan orang lain. Ciuman dapat merangsang pikiran positif untuk mengembangkan hubungan yang lebih baik.