Sukses

Ini 4 Keistimewaan Minuman Kopi dan Teh yang Harus Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Teh dan kopi seakan menjadi rival satu sama lain sejak zaman dahulu kala. Sementara kebanyakan orang merasa pagi hari mereka terasa membosankan tanpa secangkir kopi. Banyak orang lain merasa sulit untuk bertahan hidup tanpa teh. Sementara kedua minuman ini dapat membantu untuk membuat kita tetap terjaga di malam hari. Teh dan kopi memiliki beberapa keistimewaan seperti yang disarikan dari laman magforwomen.com, Kamis (16/02/2017).

1. Kandungan Kafein
Meskipun keduanya memiliki jumlah kandungan kafein tertentu di dalamnya, kopi tetap memiliki jumlah kandungan kafein yang lebih besar, sedangkan kandungan kafein dalam secangkir teh adalah sekitar 55 miligram. Dalam secangkir kopi, ada sekitar 125-128 miligram kadungan kafein. Kandungan kafein dalam teh membantu meningkatkan tingkat konsentrasi. Sebaliknya, kandungan kafein dalam kopi justru membangkitkan perasaan gelisah atau cemas.

2. Pencegahan Kanker
Studi menunjukkan bahwa teh mengandung jumlah quercetin yang dapat membantu melawan kanker dan penyakit kardiovaskular. Kopi, tampaknya tidak memiliki salah satu dari sifat-sifat ini. Satu studi lebih menyatakan bahwa tingkat kanker di negara-negara Asia jauh lebih rendah daripada di Amerika. Salah satu faktor penentu adalah orang Asia lebih suka mengonsumsi teh.

3. Sarana Pencegahan dan Pengobatan
Teh terdiri beberapa bahan yang memberikan pencegahan dan pengobatan dari gangguan inflamasi dan arthritis. Hal ini juga mengurangi pembekuan darah. Kopi, di sisi lain, dikenal karena kemampuannya untuk memberikan pencegahan atau pengobatan dari asma dan penyakit Parkinson.

4. Kandungan Antioksidan
Baik teh ataupun kopi memiliki antioksidan yang membantu kesehatan tubuh Anda. Teh memiliki antioksidan seperti yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari stres dan radikal bebas serta mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaliknya, kopi terdiri antioksidan yang mengatur kadar gula darah serta mencegah penyakit batu empedu.

5. Tempat Asal
Teh banyak diproduksi di Cina dan India, sedangkan kopi banyak diproduksi di Ethiopia dan bagian lain dari benua Afrika.

Terlepas dari tempat produksi, manfaat kesehatan dan rasa, keduanya adalah minuman yang banyak digemari sampai kapan pun.

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Penyebab Kulit Kusam Saat Ramadan dan Cara Mencegahnya
Artikel Selanjutnya
Simak Manfaat Sassy Water untuk Tubuh yang Perlu Anda Tahu