Sukses

Sudahkah Anda Mencuci Pakaian dengan Benar?

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci pakaian memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, karena selain untuk menjaga kebersihan, hal ini dilakukan agar pakaian yang kita miliki tetap terjaga dengan baik kondisinya.

Namun ternyata tak semua orang paham dan mengerti bagaimana cara mencuci beragam jenis pakaian dengan benar. Yuk kita simak beberapa tips seperti yang dikutip dari situs Boldsky, Jumat (10/12/2017) berikut ini.

1. Mencuci material handuk

Anda tidak boleh mencuci handuk dengan deterjen dan air hangat karena dapat merapuhkan kain secara perlahan. Mencuci handuk dalam air hangat tidak hanya merapuhkan benang tetapi juga memudarkan warna kain. Jika Anda ingin menjaga handuk Anda dalam kondisi baik, Anda harus menambahkan cuka dan baking soda ke dalam air bukan deterjen. Berikan dua kali pencucian untuk handuk Anda, satu dengan cuka dan yang kedua dengan baking soda.

2. Kain unshrink

Mencuci pakaian dalam air panas atau hangat, dan menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung dapat menyusutkan material kain. Apabila hal ini sudah terlanjur dilakukan, gunakanlah sampo bayi. Ambil sepotong kain yang menyusut dan masukan ke dalam air hangat. Kemudian tambahkan beberapa tetes sampo bayi hingga berbusa. Sampo bayi akan membantu kain untuk melemas dan kembali ke ukuran normal.

1 dari 3 halaman

Membaca petunjuk pencucian

3. Membaca petunjuk pencucian

Membaca petunjuk cara pencucian yang tertera pada tag busana wajib hukumnya. Setiap pakaian membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Jangan sampai pakaian Anda rusak hanya karena Anda malas membaca tag mungil yang ada pada setiap busana.

4. Tips jitu

Jika Anda ingin beberapa pakaian lekas kering, letakkan handuk kering di atas pakaian Anda. Diamkan selama 15-20 menit. Anda akan terkejut dan melihat bahwa semua pakaian di sekitar handuk kering tersebut cepat mengering karena handuk kering membantu menyerap kelembapan yang ada.

5. Lemon atau baking soda 

Sebagian besar dari Anda kerap memiliki noda ketiak pada pakaian, terutama pada pakaian berwarna putih yang kerap menguning di bagian ketiak. Nah untuk menghilangkan noda tersebut, Anda harus menggunakan jus lemon dan baking soda. Tambahkan satu cangkir jus lemon dan 2 sendok baking soda ke dalam air. Kemudian rendam kain dalam cairan ini selama 15-20 menit. Cuci secara normal dan bilas dengan air dingin.

2 dari 3 halaman

Bagaimana mencegah agar warna kain tidak lekas memudar

6. Bagaimana mencegah warna kain agar tak lekas memudar

Untuk mencegah hal ini terjadi, tambahkan 1-2 sendok garam saat mencuci. Namun, jika Anda mencuci pakaian tersebut untuk pertama kalinya, disarankan untuk merendam pakaian dalam air garam secara terpisah selama 30 menit. Garam dapat mencegah warna pakaian agar tak lekas memudar.

7. Menjaga keutuhan busana berwarna gelap

Anda harus mengikuti cara berikut untuk mencegah busana berwarna gelap lekas berubah. Yang pertama, jangan jemur busana berwarna gelap di bawah sinar matahari langsung. Jemurlah di dalam ruangan atau di bawah atap.

8. Menghilangkan bau pada jeans

Simpan jeans beberapa saat di dalam lemari es ternyata dapat membantu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Lipat denim Anda dan masukkan dalam kantong plastik. Simpan ke dalam lemari es dan lihat perbedaannya setelah 10 jam.

9. Kopi

Jika Anda merasa celana jeans hitam Anda telah pudar, cobalah untuk merendamnya dalam ember berisi kopi hitam sebelum dicuci. Kopi dapat membantu untuk mengembalikan warna jeans.

10. Mencerahkan kembali pakaian berwarna putih 

Jika pakaian putih Anda telah berubah warna dan menjadi kekuningan dari waktu ke waktu, tambahkan ½ - 1 sendok jus lemon ke dalam air deterjen dan rendam kain selama 20 menit. Kombinasi lemon dan deterjen yang kuat akan langsung mencerahkan pakaian sebelum mulai mencuci pakaian tersebut.


Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Begini Cara yang Benar Menyetrika Pakaian
Artikel Selanjutnya
6 Trik Cuci Sneakers Layaknya Profesional