Sukses

Lakukan 9 Hal Ini Saat Anjing Peliharaan Anda Jatuh Sakit

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menganggap anjing peliharaan mereka adalah teman terbaik dalam hidupnya. Namun di saat anjing peliharaan Anda tiba-tiba jatuh sakit kebingungan kerap melanda. Jangan khawatir, lakukan 9 hal berikut yang dapat membuatnya merasa sedikit lebih baik, seperti yang dilansir Lifehack, Jumat (10/2/2017).

1. Bawalah ke dokter hewan

Mungkin terdengar kontraproduktif, terutama jika hewan peliharaan Anda menderita penyakit kronis atau sudah sangat tua. Terlepas dari itu semua, Dokter hewan akan memberikan perawatan tindak lanjut agar anjing Anda merasa sedikit lebih baik. 

2. Lakukan semua saran dokter

Hal ini tentu saja tergantung pada kondisi anjing Anda. Dokter hewan Anda mungkin memberikan instruksi khusus yang harus dilakukan. Anda disarankan untuk tidak melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan saran karena dikhawatirkan akan memperburuk kondisi dan membuat segalanya lebih buruk bagi hewan peliharaan Anda.

3. Berikan obat sesuai dosis

Jika hewan peliharaan Anda telah diresepkan obat, pastikan bahwa Anda memberikan sesuai dosis dan waktu yang tepat. Hal ini sangat penting untuk menjaga konsentrasi obat di dalam tubuh Anjing Anda.

4. Ciptakan kenyamanan

Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk anjing Anda pada tahap ini adalah meredakan rasa sakit yang ia rasakan secara efektif. Berikan alas tidur yang nyaman dan makanan yang ia sukai. Apabila Anda ragu, segera hubungi dokter hewan Anda untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut. Anda tentu ingin melihat hewan kesayangan Anda tidak terlalu merasakan sakit yang terlalu lama.

5. Berikan diet sehat

Sama seperti orang yang perlu makan makanan sehat, begitu juga anjing. Namun, diet sehat tidak sama antara manusia dan anjing. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa nutrisi Anjing Anda merupakan makanan berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan dibutuhkan oleh anjing Anda. Jika Anda memiliki keraguan tentang jenis makanan apa yang Anda harus di makan, konsultasilah dengan dokter hewan Anda.

6. Berikan kasih sayang maksimal

Pastikan bahwa Anda memiliki tempat tidur yang nyaman baginya untuk berbaring dan mainan favorit atau selimut di dekatnya. Jika ia terganggu oleh tingkat kebisingan di rumah, jauhkan dari sumber kebisingan tanpa mengisolasi anjing Anda dari semua anggota dalam keluarga.

7. Duduk dan menghabiskan waktu bersamanya

Meskipun anjing Anda tidak mampu mengungkapkan perasaanya secara lisan, dia akan menghargai fakta bahwa Anda berada di dekatnya dan ingin menghabiskan waktu di saat-saat kondisi tubuhnya tidak prima. Belai dan berbicaralah kepadanya dengan lembut.

8. Pastikan selalu ada yang menjaganya

Ketika Anda harus pergi bekerja sebaiknya Anda meminta kerabat atau keluarga Anda untuk menjaganya. Jangan meninggalkannya sendirian dalam kondisi tubuh yang tidak prima.

9. Berikan banyak cinta

Tidak ada yang tahu apakah anjing perliharaan Anda dapat sembuh seperti sediakala, atau akan pergi meninggalkan Anda akibat sakit yang dideritanya ini. Untuk sementara waktu, berikan dia cinta dan yakinkan bahwa dia baik-baik. Anjing Anda ingin melihat Anda tetap tenang.

Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
7 Cara Menyehatkan dan Memanjangkan Kuku dengan Cepat
Artikel Selanjutnya
Tren Lipstik Abu-Abu ala Gigi Hadid