Sukses

Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor Dapat Meningkatkan Kinerja

Liputan6.com, Jakarta Ada tren baru bagi pemilik hewan peliharaan di Amerika dan banyak negara lainnya di seluruh dunia. Beberapa kantor di sana memperbolehkan pegawainya membawa hewan peliharaan mereka ke tempat kerja. Hal itu tidak hanya bermanfaat bagi karyawan, tetapi juga dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Seperti yang dikutip dari Lifehack, Jumat (10/2/2017) berikut beragam manfaat positif bagi karyawan jika diperbolehkan membawa hewan peliharaan mereka ke kantor.

1. Mengurangi Stres Karyawan

Jurnal internasional tentang manajemen kesehatan tempat kerja di Amerika telah melakukan penelitian tentang efek keberadaan anjing kesayangan di lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan dan stres. Hasilnya seperti yang diharapkan. Karyawan yang membawa anjingnya di tempat kerja memiliki tingkat stres lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak membawa. Mereka tidak peduli berapa banyak dokumen dan proyek yang dikerjakan dari hari ke hari, dengan adanya anjing peliharaanya, mereka merasa jauh nyaman, lebih produktif, dan bahagia. 

1 dari 3 halaman

Menarik Generasi Millennial

2. Menarik Generasi Millennial

Generasai Millenial adalah generasi berumur 18-34 tahun. Pada usia tersebut, sebagian dari mereka sebenarnya mampu membeli rumah, kendaraan atau lainnya. Mereka juga ada yang sudah menikah tetapi kadang menunda untuk memiliki anak. Ada hal yang unik, sebagian dari mereka memiliki hewan kesayangan di apartemen atau rumah mereka. Penelitian menunjukkan bahwa generasi ini rela membelanjakan uang mereka untuk makanan dan kesehatan agar hewan peliharaanya sejahtera. Jika sebuah perusahaan membutuhkan karyawan muda yang energik, mempertahankan karyawan dari generasi ini dan memberikan kesempatan mereka untuk membawa hewan kesayangan ke tempat kerja merupakan solusi terbaik bagi kemajuan perusahaan.

3. Meningkatkan Hubungan Kerja

Hewan peliharaan di tempat kerja memberikan suasana gembira. Hal ini juga mengurangi gosip tempat kerja karena Anda lebih suka berbicara tentang hewan peliharaan daripada membicarakan rekan kerja di kantor. Ini dapat membantu menumbuhkan budaya persahabatan yang positif. Dalam membangun perusahaan yang sukses, semua karyawan Anda harus memiliki interaksi yang sehat dan tempat kerja yang harmonis merupakan tempat terbaik buat mereka bekerja. 

2 dari 3 halaman

Relaksasi

4. Relaksasi

Anda yang bekerja sepanjang hari tentunya sangat lelah. Kelelahan mental dan fisik terutama di empat jam pertama saat bekerja akan mempengaruhi kualitas pekerjaan Anda. Apabila Anda mengajak hewan peliharaan Anda ke kantor, di saat penat Anda bisa bermain dan berjalan sejenak untuk meregangkan otot serta menghirup udara segar. Sehingga pikiran Anda menjadi lebih segar.

5. Menyimpan Biaya Perawatan Hewan Kesayangan

Tempat kerja yang ramah membantu karyawan menghemat biaya penitipan sementara. Tentu saja ini akan memberikan ketenangan pikiran Anda untuk bekerja sementara hewan peliharaan Anda sedang bersantai dan bermain di kantor. Tak hanya itu ada beberapa perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan, diskon dan sesi pelatihan untuk hewan kesayangan sehingga membuat karyawan makin nyaman dalam bekerja.


Tera Tri Yusepi

Artikel Selanjutnya
Mana yang Lebih Menguntungkan Saat Kerja, Banyak Waktu atau Uang?
Artikel Selanjutnya
5 Sifat Chairil Anwar yang Perlu Ditiru Generasi Milenial