Sukses

Barli Asmara Beberkan 7 Modal Utama Desainer Sukses

Liputan6.com, Jakarta Industri fashion mulai berkembang pesat sejalan dengan bermunculannya desainer-desainernya muda berbakat. Kemunculan desainer baru ini memberikan warna tersendiri bagi fashion Indonesia. Dipercaya sebagai mentor dalam ajang pencarian calon perancang busana berbakat Indonesia, Wardah Fashion Foward (WFF), Barli Asmara memberikan trik dan kiat menjadi seorang desainer.

Menurut Barli, setidaknya ada tujuh modal utama saat memulai karir sebagai desainer seperti yang diungkapkannya beberapa waktu lalu di JCC. Bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang industri fashion ini, berikut tujuh modal utama yang harus dimiliki.

1. Karakter

Karakter adalah salah satu cara untuk Anda dapat bersaing secara sehat pada pasar fashion yang semakin ramai. Ketika Anda memiliki karakter dalam berkarya, rancangan yang dihasilkan juga memiliki keunikan tersendiri dan mampu mencuri perhatian pecinta fashion.

2. Komitmen

Komitmen menjadi kunci saat Anda memutuskan berkecimpung dalam industri fashion. Dibutuhkan kerja keras dan usaha lebih saat merintis profesi ini. Di saat Anda sudah memiliki komitmen yang tinggi meski menghadapi rintangan dalam perjalanan menjadi desainer, Anda tidak akan putus asa.

3. Disiplin

Menurut Barli Asmara, disiplin adalah salah satu sifat yang harus dimiliki jika ingin menjadi perancang busana yang sukses. Terlebih saat menyiapkan koleksi terbaru sangat dibutuhkan kedisiplinan membagi waktu, pekerjaan, dan kehidupan sosial.

4. Mau berinteraksi

Desainer yang baik adalah yang selalu mau mendengarkan masukan dan menjadikannya masukan untuk kemajuan. Ketika Anda mau berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik saat merancang busana, selain mendapatkan hasil yang lebih maksimal, dari sini Anda juga dapat menjalin kedekatan dan networking yang baik.

5. Tidak idealis

Jangan memiliki sifat idealis jika ingin sukses dalam karier di pasar fashion ini. Industri fashion biasanya akan mengikuti selera pasar. Jika suatu saat Anda mendapatkan tawaran yang akan membawa kemajuan, Anda dapat menerima dengan baik dan tidak terbentur idealisme tertentu.

6. Team work

Team work adalah kunci utama terciptakan karya yang baik. Meski peran Anda sebagai desainer, namun hasil rancangan tersebut juga hadir atas kerja sama banyak orang dalam sebuah tim. Koordinasi dan team work yang baik dapat membuat keinginan Anda menjadi desainer bukan hanya impian.

7. Mental

Mental yang siap adalah salah satu modal paling berpengaruh pada kesuksesan Anda menjadi desainer. Pada awal karier, tentu tidak selamanya berjalan dengan lancar. Tantangan akan Anda hadapi. Saat inilah dibutuhkan mental yang baik. Begitu juga saat karier Anda menanjak, Barli Asmara mengungkapkan mental yang baik yang diperlukan agar Anda dapat menjadi desainer yang berkarakter.

Artikel Selanjutnya
Berapa Banyak Pengiring Pengantin untuk Pernikahan Ideal?
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Hubungan Asmara Anda Bertepuk Sebelah Tangan