Sukses

Yuk Belanja Online dengan Aman dan Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Meskipun Belanja online begitu populer di era modern ini, namun di sisi lain kegiatan ini tak lepas dari beragam yang ada. Di dunia maya, tidak ada yang bisa memastikan segalanya berlangsung aman. Dalam hal ini, kita harus waspada terhadap penjual yang berniat menipu.

Oleh karena itu DuitPintar.com ingin berbagi tips menarik seputar belanja online di situs jual-beli.

1. Periksa situsnya
Sekarang ini sudah ada banyak pilihan situs jual-beli alias marketplace. Sebaiknya, Anda pilih situs yang sudah punya nama. Jika situs tersebut udah dikenal orang, biasanya soal keamanan lebih terjamin dan mengutamakan kepercayaan konsumen dengan maksimal.

1 dari 3 halaman

Perhatikan reputasi seller

2. Perhatikan reputasi seller
Seller yang baik biasanya punya reputasi yang baik pula. Hal ini bisa dilihat dari berapa bintang yang ia dapat, atau berapa banyak komentar positif dan testimoni dari transaksi yang ia lakukan.

Namun, seller yang baru membuka lapak belum tentu berniat gak baik. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengirim pesan dan menanyakan beragam hal tentang produknya.

Mintalah jaminan atas kualitas barang dan garansi. Lihat juga caranya berkomunikasi. Seller yang baik pasti memasarkan produknya dengan baik.

3. Proses pembayaran 
Proses pembayaran melakui rekening bersama menjadi faktor penting bagi situs jual-beli untuk dipercaya. Layanan ini ada untuk meminimalkan penipuan seller. Cara kerjanya, pembeli mentransfer duit pembelian ke rekening tersebut.

Setelah dipastikan barang diterima pembeli dengan baik, barulah duit tersebut diteruskan oleh pihak marketplace ke penjual. Sebaliknya, jika transferan sudah masuk tapi tidak ada pengiriman barang atau barang dikirim tapi tidak sesuai, pembeli bisa meminta pengembalian dana.

Karena itu, hindari proses pembayaran langsung transfer ke pihak seller, meski diiming-imingi banyak hal seperti diskon.

2 dari 3 halaman

Lindungi data kartu kredit

4. Lindungi data kartu kredit
Kalau tidak yakin dengan keamanan sebuah situs belanja onlie, jangan sembarang mengumbar data kartu kredit. Belum semua situs e-commerce bekerja sama dengan alat pembayaran virtual seperti PayPal yang sudah teruji keamanannya. Dengan PayPal, Anda tidak perlu mengisi data kartu kredit setiap kali bertransaksi online.

Pastikan dulu situs e-commerce yang Anda tuju teruji keamanannya. Pastikan bahwa semua data yang Anda masukkan dilindungi oleh enkripsi.
Jangan lupa, periksa juga kartu kredit yang memberikan beragam keuntungan seperti cashback dan point rewards

5. Mengendalikan nafsu
Ketika ada barang yang ditawarkan dengan harga murah, biasanya timbul nafsu tak tertahankan untuk membelinya. Hati-hati, jangan-jangan barangnya tidak original.

Karena itu, Anda harus sabar membandingkan seller satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga termurah. 

Artikel Selanjutnya
Mau Langgeng? Jangan Pernah Ucapkan 6 Hal Ini pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
Bertubuh Ekstra, Pretty Asmara Pede Tampil Nyentrik dan Terbuka