Sukses

Begini Cara Jitu Mengatur Isi Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah yang bersih dan terorganisir memiliki kemampuan untuk memberikan energi positif bagi keseluruhan penghuni rumah, sehingga menjaga kebersihan rumah merupakan prioritas yang wajib Anda lakukan. Berikut Ini adalah beberapa cara mudah untuk menjaga rumah Anda tetap bersih dan terhindar dari kekacauan seperti disarikan dari magforwomen.com, Selasa (21/02/2017).

1. Mengidentifikasi mana sampah dan mana yang bukan sampah. Pastikan untuk menyingkirkan setiap bentuk kekacauan.

2. Membongkar setiap tempat penyimpanan. Ada kalanya kita menyimpan sesuatu di suatu tempat dan melupakannya. Ini hanya akan menambahkan kekacauan pada rumah. 

3. Jangan menyimpan hal-hal yang sudah usang karena alasan kenangan. Benda-benda tersebut hanya dapat meningkatkan kekacauan di rumah Anda.

4. Pastikan bahwa setiap objek memiliki tempat di mana ia bisa disimpan kembali ke dalamnya. Jangan menyimpan benda-benda di suatu tempat yang sering terlupakan. 

5. Buatlah pengelompokkan atau klasifikasi. Misalnya, mengatur semua tagihan Anda bersama-sama dalam sebuah folder sehingga Anda tidak salah dalam menyimpannya dan mempermudah untuk menemukannya kembali.

6. Luangkanlah waktu khusus untuk membersihkan rumah. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa rumah tidak terlihat seperti kapal pecah.

7. Ketika Anda mengambil benda apapun, jangan lupa untuk meletakkannya kembali di tempatnya.

8. Beri label dalam lemari penyimpanan Anda. Hal ini memudahkan untuk mencari barang yang sudah tersimpan rapi dalam rak penyimpanan.

9. Tetap memeriksa tanggal kedaluwarsa untuk membuang benda-benda yang tidak diperlukan lagi.

10. Segala benda yang sudah rusak, robek atau tidak layak pakai sudah harus dimusnahkan segera.

11. Beri perhatian khusus ke ruang bawah tanah dan loteng. Ini adalah dua tempat yang cenderung berantakan lebih dari ruangan lainnya.

12. Apa yang Anda sudah tidak pernah gunakan lagi harus dibuang. Anda harus mampu menerima kenyataan bahwa barang-barang kesayangan Anda sudah tidak dapat digunakan lagi.

13. Lakukan pendelegasian tugas dengan baik bersama pasangan atau anak-anak Anda sehingga dapat saling menjaga kebersihan rumah. 

14. Jangan menunda untuk mencuci piring atau pakaian agar tidak menumpuk.

15. Jangan menjejalkan rumah dengan benda-benda yang baru Anda belanjakan. Hal ini tidak praktis, mengurangi ruang dan meningkatkan pekerjaan untuk Anda. Segera simpan dan atur perkakas yang baru Anda beli pada tempatnya.
Langkah ini mudah untuk diterapkan dan jika dilakukan secara teratur dapat memberikan hasil yang sangat baik. Sebuah rumah yang bersih bisa membuat Anda merasa baik dan akan bermanfaat untuk kesehatan juga.

 

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini