Sukses

5 Tips Mencari Rumah yang Cocok untuk Anda

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang sempurna akan menjadi aset terbaik yang pernah Anda beli dalam hidup. Oleh karena itu, tak hanya butuh kewaspadaan, Anda juga harus mengambil cukup waktu untuk bisa keputusan akhir untuk yang rumah Anda akan ingin miliki. Ada beberapa hal lain yang harus diingat saat Anda mengejar rumah yang sempurna bagi Anda. Ikuti 5 tips sederhana tentang cara menemukan rumah yang sempurna seperti dilansir dari laman magforwomen.com, Senin (9/2/2017).

1. Tetapkan anggaran Anda
Anda harus tahu dengan sangat jelas berapa banyak uang yang Anda mampu atau siap untuk belanjakan pada rumah yang sempurna bagi Anda. Cobalah untuk menjaga anggaran Anda fleksibel karena Anda tentu tidak ingin kehilangan rumah yang benar-benar menyenangkan bagi Anda hanya karena Anda tidak ingin menghabiskan banyak tabungan. Ingat bahwa rumah adalah salah satu aset yang sangat penting yang pernah Anda beli jadi jangan ragu-ragu dalam mengeluarkan uang untuk itu jika Anda benar-benar menyukainya.

1 dari 5 halaman

2. Tentukan kebutuhan Anda

Akan ada beberapa spesifikasi yang Anda pikirkan dalam pikiran Anda sebelum Anda pergi mencari rumah. Ini pada dasarnya preferensi Anda, seperti misalnya dalam hal jumlah kamar tidur yang Anda inginkan, apakah Anda lebih suka setidaknya satu kamar mandi, apakah balkon adalah kebutuhan mutlak, aksesibilitas ke jalan utama terdekat, kedekatan dengan rumah sakit, supermarket, sekolah, pusat kebugaran, jenis lingkungan dan sebagainya. Setelah Anda memiliki kebutuhan spesifik Anda, Anda sekarang dapat mulai mencari rumah yang sempurna Anda.

2 dari 5 halaman

3. Lihat beberapa pilihan rumah

Ketika Anda mulai mencari rumah, jangan membatasi diri hanya untuk segelintir daerah saja. Anda tidak pernah tahu apakah yang berikutnya Anda akan melihat yang lebih baik atau tidak. Silahkan lihat beberapa referensi rumah sebelum Anda mengambil keputusan. Ketika Anda melihat rumah, cobalah untuk membuat catatan biaya, kondisi dan kemudahan lainnya masing-masing dari setiap rumah. Ini akan membantu Anda dalam membuat keputusan.

3 dari 5 halaman

4. Carilah saran

Orang tua Anda, saudara atau teman-teman yang telah memiliki pengalaman membeli rumah baru akan membantu Anda. Berbicara dengan orang-orang ini dan meminta saran mereka. Apa yang Anda butuhkan untuk dipikirkan sebelum Anda akhirnya membeli rumah impian Anda. Tanyakan sekitar wilayah di mana Anda berencana untuk membeli rumah baru tentang keamanan, tingkat pencurian, dan layanan lainnya. Jika Anda memiliki teman-teman dan kerabat yang baru-baru ini telah bergeser ke rumah baru, mereka akan memiliki banyak saran untuk apa saja yang Anda harus pikirkan.

4 dari 5 halaman

5. Pilih yang terbaik

Pilih salah satu yang memenuhi semua kebutuhan Anda, dan paling ekonomis atau cocok dalam anggaran Anda. Jika Anda perlu membayar uang tambahan untuk memiliki rumah yang lebih menggoda, juga tidak ada salahnya. Ingat Anda tidak membeli rumah setiap bulan. Ini adalah investasi seumur hidup. (Odilia Hana Santoso)