Sukses

Gagal Memiliki Tabungan? Segera Ubah Gaya Belanja dengan Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Saatnya Anda lebih fokus dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan meninggalkan kebiasaan lama yang buruk. Salah satunya adalah kesulitan dalam urusan menabung yang kerap pupus akibat godaan untuk berbelanja. Beragam tips belanja dan tips menabung pun kerap dianggap angin lalu.

Perkara menabung sebenarnya sederhana, Ada orang yang mudah menyisihkan rupiah demi rupiah tiap bulan untuk ditabung, namun tidak sedikit yang harus peras keringat agar bisa memupuk tabungan.

Lihat saja contohnya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), rumusnya adalah pendapatan digenjot dan belanja ditekan seminimal mungkin. Dengan cara ini, Anda pasti mampu untuk mempertebal tabungan. 

Berikut ini ada sederet tips belanja dari DuitPintar.com agar keinginan menabung tak hanya jadi wacana belaka.

1. Langsung tabung
Ketimbang mengalokasikan penghasilan buat belanja, mending langsung ambil yang direncanakan untuk tabungan. Formula yang disarankan adalah 30 persen dari penghasilan Anda masukkan dalam tabungan. Misalnya gaji Anda Rp 5 juta, sebaiknya Anda langsung alokasikan Rp 1,5 juta untuk ditabung. Sisanya baru dipakai buat belanja dan kebutuhan lainnya.

Tapi cara ini memerlukan niat dan keteguhan hati. Gak ada gunanya kalau menabung Rp 1,5 juta langsung tapi di tengah bulan dihabiskan untuk belanja.

Biar aman, pisahkan rekening tabungan dengan rekening belanja. Kalau bisa, cari rekening tanpa kartu ATM atau tabungan berjangka biar terhindar dari godaan tarik tunai di tengah jalan.

1 dari 3 halaman

Rajin mencatat

2. Rajin mencatat
Kita harus memilki catatan seberapa besar penghasilan dan rencana pengeluaran. Catatan penghasilan jelas lebih mudah didapat. Dengan adanya catatan, kita bisa merefleksikan apa aja pengeluaran bulan lalu yang bisa ditekan. Contohnya, Anda membeli mi instan 10 bungkus, ternyata belum habis termakan. Maka bulan berikutnya tidak perlu lagi membelinya dalam jumlah banyak. 

3. Prioritaslan kebutuhan
Tips selanjutnya adalah memprioritaskan kebutuhan dibanding keinginan. Misalnya, menaruh beras dan bahan makanan lainnya di urutan atas daftar belanjaan. Setelah segala kebutuhan pokok terpenuhi, barulah beralih ke pos yang lain, seperti belanja baju baru atau nongkrong di cafe. 

2 dari 3 halaman

Lakukan perbandingan

4. Lakukan perbandingan
Membandingkan harga barang di sejumlah toko penting dilakukan untuk mendapat harga yang paling murah.  Malas membandingkan harga bisa membuat kita terjerumus beli barang yang terlampau mahal. Walhasil, peluang menambah saldo rekening pupus karena duitnya tersedot untuk membeli barang yang sebenarnya bisa lebih murah. Anda dapat membandingkannya melalui online, dan berusaha mendapatkan harga terbaik.

5. Manfaatkan promo
Bicara soal Internet, info promo tersebar di mana-mana. Ada sederet situs yang khusus membagikan info promo produk. Ikutilah media sosial mereka agar selalu up to date dengan info promo terkini.

Setiap orang punya gaya belanja sendiri-sendiri, namun yang tahu kapan harus merubah gaya belanja dan mulai menabung adalah diri Anda sendiri. Yuk, segera lalukan tips belanja di atas.

Artikel Selanjutnya
Baru Gajian? Ini 8 Tips Kelola Penghasilan Anda
Artikel Selanjutnya
5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Tabungan Jebol