Sukses

Selain untuk Penyegar Mulut, Ini 8 Kegunaan Lain dari Mouthwash

Liputan6.com, Jakarta Sering menggunakan mouthwash sehabis menyikat gigi setiap hari? Menggunakan mouthwash atau cairan pengharum mulut memang akan membuat mulut tampak lebih segar dan harum. Namun, tahukah Anda ternyata mouthwash memiliki kegunaan lain selain untuk mulut. Apa saja itu?

Seperti yang ditulis dalam situs brightside.me, Rabu (8/2/2017) inilah 8 kegunaan lain dari mouthwash yang jarang Anda ketahui.

1. Menghilangkan bau 
Sehabis memasak ikan atau memotong bawang putih, baunya pasti menempel di jari-jari Anda, bukan? Anda bisa menggunakan mouthwash untuk menghilangkan bau yang membandel tersebut. Caranya tuang mouthwash pada kain lap, lalu aplikasikan pada jari-jari tangan Anda sambil dipijat lembut.

2. Membantu menghilangkan jamur pada kuku
Coba campurkan 1 sendok takar mouthwash dengan 1 sendok makan cuka putih dan aduk hingga rata. Lalu, aplikasikan pada kuku-kuku Anda dengan menggunakan kapas selama 2 sampai 3 kali sehari. Anda akan melihat hasilnya bila menggunakan perawatan ini secara rutin.

3. Menghilangkan ketombe
Pada dasarnya mouthwash dapat berfungsi untuk menghilangkan jamur salah satunya ketombe. Sebelum keramas, coba campurkan 1 bagian air dengan 1 sendok takar mouthwash. Lalu, keramaslah seperti biasa menggunakan sampo. Kemudian, oleskan secara perlahan campuran mouthwash ke seluruh kulit kepala dan diamkan beberapa menit. Terakhir, bilas hingga benar-benar bersih.

1 dari 2 halaman

4. Mengobati gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk memang terasa gatal dan menyakitkan. Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan mouthwash. Tuangkan mouthwash pada kapas dan aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena gigitan nyamuk tersebut. Hal ini akan membantu meringankan bentol dan sakit karena gigitan nyamuk.

5. Dapat dijadikan sebagai toner wajah
Mouthwash yang digunakan sebagai toner atau pembersih wajah dapat membantu melawan jerawat. Tuangkan sedikit mouthwash pada kapas dan mulailah menerapkannya pada wajah. Namun, bila wajah Anda sensitif hindari menggunakan mouthwash sebagai toner, ya.

6. Baik sebagai deodoran alami
Ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah bila kelupaan menggunakan deodoran. Ambil kapas dan tuangkan mouthwash dan gunakan pada ketiak.

7. Pembasmi kutu rambut
Kutu rambut memang sangat menyebalkan! Anda bisa membasmi kutu rambut dengan menggunakan mouthwash. Gunakan mouthwash di seluruh rambut, lalu tutup menggunakan shower cap dan diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hingga bersih.

8. Membuat kaki lebih relaks
Untuk membantu meringankan kaki setelah melakukan aktivitas pada seharian, Anda bisa merendam kaki menggunakan cairan penyegar mulut atau mouthwash. Campurkan 2-3 cangkir mouthwash dengan air hangat dalam baskom dan mulailah merendam kaki Anda setidaknya selama 15 menit.

 

Artikel Selanjutnya
Bisa Bikin Bad Mood, Setop Konsumsi 7 Makanan Ini
Artikel Selanjutnya
Ketahui Perawatan Kulit yang Harus dan Tidak Harus Anda Lakukan