Sukses

Backpacker ke Bali Hanya Modal Rp 200 Ribu-an

Liputan6.com, Jakarta Traveling ke Bali tentu menjadi impian banyak orang, namun minimnya keuangan kerap menjadi kendala klasik yang perlu dicarikan jalan keluar. Jika Anda mau sedikit kreatif, sebenarnya banyak jalan untuk sampai ke Bali meski budget minim. Tides, salah seorang traveler blogger membagi pengalamannya kepada Liputan6.com tentang bagaimana liburan ke Bali hanya dengan uang Rp 500 ribu.

Transport hitching atau menumpang kendaraan yang lewat sebenarnya bisa jadi pilihan. Tapi kan gak semua orang bisa sebackpacker itu,” ungkap Tides saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/2/2017).

Bagi Tides, traveling menggunakan sistem transport hitching sebenarnya sangat menyenangkan, selain menawarkan pengalaman berharga, pelakunya juga bisa lebih dekat dengan warga sekitar dan kebudayaannya.

“Pengalamanku pernah ke Jakarta dapet mobil box sampai Cirebon, terus dikasih gratis naik bis ekonomi sampai Pekalongan. Dari Pekalongan dapet tumpangan truk ke Semarang, dari situ dapet pick up lagi sampe Jogja. Dari Jogja baru ke Banyuwangi naik kereta. Intinya harus sabar sih kalau transport hitching,” kata Tides yang hobi menulis cerita perjalanannya di aghniafasza.com.

“Jadi kayak om telolet om aja, kita di pinggir jalan bawa karton tulisannya misal, “Numpang Jogja”. Biasanya ada mobil yang sukarela gak mau dibayar, kalau truk-truk gitu mereka malah seneng dapat tumpangan, ada teman ngobrol. Kadang ada juga yang minta uang seikhlasnya sekadar buat beli rokok. Ini juga bisa membuktikan lho, orang Indonesia itu sebenarnya baik-baik,” cerita Tides menambahkan.

Namun ada cara lain untuk sampai ke Bali bagi Anda yang tidak terbiasa dengan hitching, yaitu menggunakan transportasi kereta api. Ada dua pilihan transit, Malang dan Jogja, dan harga tiketnya tidak terlalu jauh berbeda. Jika memilih Jogja, kereta low budget yang tersedia adalah Progo dengan harga tiket Rp 75 ribu dan Bengawan dengan harga tiket Rp 80 ribu.

Dari stasiun Lempuyangan Jogja, perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan kereta Sri Tanjung menuju Banyuwangi dengan harga tiket Rp 100 ribu. Biaya yang dikeluarkan selama perjalanan Jakarta – Jogja – Banyuwangi adalah sekitar Rp 180 ribu.

Ditambah ongkos angkot dari stasiun ke pelabuhan sekitar Rp 10 ribu dan biaya menyeberang untuk sampai ke Gilimanuk Bali sekitar Rp 30 ribu. Total biaya berangkat dari Jakarta ke Bali ternyata hanya Rp 220 ribu.

Beberapa kereta api tujuan Banyuwangi bahkan juga sudah terhubung dengan bus Damri yang mengantarkan Anda langsung ke terminal Ubung Denpasar tanpa harus membeli lagi tiket penyeberangan kapal ferry.

Tides mengingatkan, traveling dengan budget minim bukan berarti tanpa modal. Selain membutuhkan perlengkapan backpacker yang prima, Anda juga dituntut memiliki pengetahuan lebih tentang bahasa dan kebudayaan masyarakat setempat, berani mengambil risiko, memiliki katahan fisik mumpuni, dan punya jaringan pertemanan yang luas.

Artikel Selanjutnya
Mudik ke Bantul? Jangan Lupa Singgah ke Kebun Buah Langka
Artikel Selanjutnya
4 Kebiasaan Populer yang Paling Menguras Uang Saat Lebaran