Sukses

Jangan Diusap, Ini 6 Cara Tepat Merawat Tas Kulit

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tas kulit asli memang membuat penampilan Anda semakin stylish. Selain itu, tas dengan material kulit asli pun memiliki ketahanan yang kuat. Namun, tas kesayangan Anda ini bisa saja rusak jika salah dalam hal perawatannya.

Tas kulit asli tentunya memiliki harga yang terbilang mahal, untuk itu tas dengan material ini membutuhkan perawatan khusus agar tahan lama dan tetap terlihat menarik. Seperti yang diungkapkan Tammy Hapsari, Marketing Manager Silvarrie, brand fashion item kulit yang berbasis di Bandung, Jumat (3/2/2017). Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat menggunakan dan merawat tas kulit, berikut ulasannya.

1. Jangan biarkan basah

Musuh utama tas kulit adalah air. Karena material kulit yang terbuat dari makhluk hidup tentunya akan sangat memungkinkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Anda harus memperhatikan kelembapan dan suhu ruangan saat menggunakan dan menyimpan tas kulit. Hindari dari air agar tas kesayangan Anda dapat bertahan lebih lama.

2. Jangan di usap

Saat Anda secara tidak sengaja menumpahkan air pada tas kulit, atau tas kulit Anda terkena rintikan hujan, usahakan tidak langsung mengusapnya dengan sapu tangan atau kain lainnya. Bersihkan air pada tas dengan gerakan menepuk sehingga tidak mempengaruhi serat kulit tersebut.

Ternyata untuk menjaga tas kulit Anda tidak perlu mengusapnya cukup dengan menepuk-nepuk agar tidak merusaknya.

3. Keringkan dengab hair dryer

Setelah dibersihkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk, Anda dapat mengeringkan tas kulit Anda dengan hair dryer. Pastikan hair dryer Anda dalam pengaturan kekuatan paling rendah. Karena panas yang berlebihan justru akan merusak permukaan tas kulit.

4. Hindari dari noda coretan pulpen

Jika harus membawanya, masukkan pulpen Anda dengan rapi di dalam clutch kecil. Karena noda pulpen pada tas kulit tidak dapat dihilangkan. Tas kulit Anda akan berkurang keindahannya saat tergores tinta pulpen.

5. Keluarkan dari penyimpanan sekali dua minggu

Jangan biarkan tas kulit Anda tersimpan di dalam lemari terlalu lama. Jika Anda jarang menggunakannya, sekali dalam dua minggu keluarkan tas tersebut dari lemari. Taruh di tempat dengan suhu normal atau suhu ruangan. Setelah beberapa saat, tas kesayangan Anda dapat disimpan kembali. Lakukan secara rutin untuk menjaganya agar tidak muncul jamur dan bakteri yang merusak keindahannya.

6. Hindari dari panas yang berlebihan

Selain air, panas juga menjadi musuh terbesar tas kulit. Usahakan untuk menjaga tas kulit Anda pada suhu normal. Jangan biarkan tas kulit Anda terpapar sinar matahari langsung ataupun terkena panas kimia seperti panas hair dryer yang terlalu tinggi. 

Artikel Selanjutnya
Setop Lakukan 5 Hal Ini agar Tak Merusak Kulit Anda
Artikel Selanjutnya
9 Kegunaan Lain Lipbalm yang Tak Pernah Anda Duga