Sukses

6 Makanan dan Minuman Ini Paling Manjur Redakan Sensasi Pedas

Liputan6.com, Jakarta Petualang rasa alias pencinta kuliner tentu akan sangat bahagia merasakan makanan-makanan baru yang menggugah selera. Tak jarang pula para pencinta kuliner menemukan makanan yang mampu membakar lidah alias makanan pedas.

Makanan pedas memang dapat menambah selera makan, namun sensasi panas pun tak terelakan dan menyiksa bila terlalu lama berada di lidah.

Tak sedikit orang yang memilih minum air untuk meredakan rasa pedas. Padahal, cara tersebut kurang efesien untuk menetralkan sensasi terbakar pada lidah.

Anda justru membutuhkan makanan lainnya untuk menetralkannya. Sensasi pedas di lidah dihasilkan dari zat capsaicin, sehingga Anda membutuhkan makanan yang dapat menghilangkan capsaicin di mulut.

Capsaicin dapat larut dalam lemak, minyak, dan alkohol, tetapi tidak di air. Maka, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung tiga bahan tersebut.

1. Susu
Lemak dan minyak dalam susu dapat melarutkan capsaicin dan mengurangi sensasi terbakar. Pilih susu yang tinggi lemak atau yogurt yang kental, sehingga lebih cepat melarutkan capsaicin.

2. Alkohol
Jika Anda dapat meminum alkohol, maka tidak ada salahnya meminum minuman ini bila sedang merasakan pedas. Sebab, capsaicin juga dapat larut dalam alkohol.

3. Minyak
Yang dimaksud minyak di sini, Anda tidak harus meminum minyak untuk menetralkan rasa pedas. Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan margarin atau mentega.

4. Nasi atau roti
Bahan ini memang tidak bisa melarutkan capcaisin, tetapi dapat menyerap molekul yang memberikan sensasi terbakar. Maka tak heran jika Anda makan lebih banyak nasi ketika menikmati sambal yang enak, bukan?

5. Gula
Gula dapat menetralkan rasa pedas dari cabai. Sebab, gula dapat melarutkan cabai dan mengurangi sensasi terbakar di lidah.

6. Madu
Hampir sama seperti gula, madu juga memiliki rasa manis yang dapat mengalahkan sensasi pedas di lidah.

Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda
Artikel Selanjutnya
Jus Jeruk Bisa Dijadikan Pemanis Buatan Pengganti Gula