Sukses

Yuk Ketahui Manfaat Cashback dari Kartu Kredit untuk Belanja

Liputan6.com, Jakarta Yang namanya wanita, susah dipisahkan dengan kegiatan belanja. Wanita dan belanja sepertinya sudah satu kesatuan, tinggal yang bedakan gaya belanjanya aja. Ada yang sederhana dengan hanya membeli beragam kebutuhan dan sesuai kemampuan. Namun, tak sedikit wanita yang cenderung berbelanja dengan berlebihan sampai terbelit hutang. Terutama ketika penawaran diskon datang menghantui.

Selain itu ada pula tipikal wanita yang belanja karena faktor latah, tanpa peduli apapun selalu ingin membeli barang baru.

Belanja bisa menjadi aktifitas yang tidak mengganggu atau menimbulkan masalah di kemudian hari, asalkan tahu bagaimana menyiasatinya. Gimana caranya tidak perlu mengekang hobi belanja tapi di satu sisi tidak menguras kantong secara berlebihan.

Jawabnya maksimalkan kartu kredit. Jangan lupa kalau kartu kredit punya fitur yang mendukung penghematan. Fitur yang dimaksud tuh cashback. Jadi fitur ini akan bekerja begitu transaksi dilakukan, maka limit kartu kredit akan dikembalikan sebesar dengan presentasi cashback.

Contohnya, bila ada cashback 10 persen untuk transaksi belanja di supermarket dengan ketentuan belanja minimal Rp 200 ribu, Anda dapat menggunakannya dengan struk belanja dengan nominal tertera. Bila dalam struk belanja Anda Rp 300 ribu maka Anda mendapatkan cashback Rp 30 ribu.

Agar fitur cashback bisa dimaksimalkan, DuitPintar.com punya beberapa tips menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Ketahui gaya belanja
Ini langkah paling awal. Ketahui dulu gaya belanja lalu cari kartu kredit yang cocok. Jangan terbalik. Cari kartu kredit yang relevan sama gaya belanja.

Misalnya saja suka berburu barang diskon di merchant-merchant ternama, carilah kartu kredit yang bekerja sama dengan merchant tersebut. Atau suka belanja di supermarket tertentu, maka carilah kartu kredit yang selalu menawarkan nilai lebih bila belanja di sana.

Untuk Anda pecinta kuliner yang sering berburu makanan di restoran, carilah kartu kredit yang tak pernah sepi promo cashback bila makan di resto tertentu.

1 dari 3 halaman

Cek tawaran promo kartu kredit

2. Cek tawaran promo kartu kredit
Ketika tagihan datang, biasanya penerbit kartu kredit menyertakan brosur yang berisi daftar promosi. Silakan teliti promonya. Siapa tahu ada yang klop sama kebutuhan atau pun keinginan Anda.

Promonya tentu tak selalu diskon atau berupa cashback, kadang kala disertai fitur cicilan nol persen untuk jangka waktu sekian bulan.

3. Talangi teman belanja
Talangi belanjaan teman-teman juga bisa menjadi cara gampang untuk mendapatkan cashback. Ini enaknya dapatkan cashback tanpa keluar modal sedikitpun.

Coba bayangkan kalau nilai belanjaan teman-teman Anda sampai Rp 10 juta dan besaran cashback 10 persen dari nilai itu. Alhasil, dapat Rp 1 juta gratis kan?

2 dari 3 halaman

Pahami syarat dan ketentuan

4. Pahami syarat dan ketentuan
Cashback yang ditawarkan penerbit kartu kredit selalu diiringi dengan aturan main. Misalnya cashback baru berlaku ketika belanja minimal Rp 500 ribu per transaksi. Kurang dari nominal tersebut, cashback belum bisa didapat.

Maka dari itu, perhatikan dulu aturan main ini sebelum menggunakan kartu kredit. Di samping itu, pastikan juga semua tagihan kartu kredit dilunasi tepat waktu. Bayar tagihan lewat jatuh tempo, membuat nilai cashback tak ada artinya.

Sehingga bila ditanya apakah program cashback kartu kredit itu menguntungkan, jawabnya sangat relatif. Fitur ini bisa dimaksimalkan dengan syarat si pemegang kartu kredit disiplin terhadap tagihan kartu kredit bulanan.
Kemudian yang tak kalah penting, jauhi pemikiran cashback itu sama dengan mendapatkan uang dari kartu kredit. Ingat cashback bukan duit yang jatuh dari langit, tapi sebenarnya cara penerbit kartu kredit memotivasi nasabahnya untuk berbelanja menggunakan kartu kreditnya.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
8 Hal yang Wajib Diketahui Pembeli Rumah Pertama
Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja