Sukses

3 Camilan Cokelat yang Sehat dan Tak Akan Buat Anda Gemuk

Jangan ragu makan cokelat, karena ketiga camilan dari olahan cokelat ini mengandung bahan-bahan yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cokelat merupakan makanan yang disukai banyak orang. Namun sayangnya, cokelat yang rasanya enak ini malahan jadi makanan yang dihindari orang saat sedang diet. Padahal, bila diolah dengan tepat, cokelat juga bisa jadi menu makanan atau camilan yang baik dan tak bikin gemuk.

Dikutip dari buzzfeed, Selasa (7/2/2017) ada 3 menu camilan dari olahan cokelat yang sehat dan cocok untuk Anda yang sedang diet. Karena menggunakan olahan dark chocolate yang tidak mengandung gula dan susu. 

1. Sea Salt & Dark Chocolate Popcorn

Sea salt & Dark Chocolate Popcorn (Foto: buzzfeed)

Bahan-bahan:

  • Minyak kelapa atau mentega organik
  • Jagung manis organik
  • 100 gram dark chocolate (pilih yang 80%)
  • garam laut

Cara membuat:
Panaskan panci dengan api tinggi, lalu berikan minyak kelapa atau mentega organik secukupnya. Bila sudah agak panas, masukkan potongan jagung dan tutup, kemudian kecilkan api. Tunggu hingga jagung menjadi popcorn dan tuangkan dalam mangkuk besar. Kemudian, taburi dengan dark chocolate yang sudah dicincang dan garam laut secukupnya. Aduk-aduk hingga rata. Popcorn cokelat siap dinikmati!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Almond Dark Chocolate

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir cokelat putih
  • 1 cangkir bubuk kakao tanpa rasa manis
  • 80 - 120 ml maple syrup
  • 1/2 cangkir kacang almond panggang
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla
  • 1/8 sendok teh garam laut

Cara membuat:
Lelehkan cokelat putih dalam mangkuk tahan panas diatas panci berisi air mendidih. Setelah cair, masukkan dalam mangkuk yang berukuran sedang, campurkan maple syrup dan aduk rata. Kemudian, tambahkan bubuk kakao dan ekstrak vanilla, aduk kembali hingga rata. Selanjutnya tuang adonan cokelat tersebut pada cetakan cokelat dan taburi dengan kacang almond panggang dan garam secukupnya. Masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit - 1 jam. Setelah mengeras, cokelat almond buatan Anda sudah siap disantap. Cokelat ini cukup tahan dalam freezer hingga 2 bulan.


3. Banana and Peanut Chocolate

Banana and Peanut Chocolate  (Foto: buzzfeed)

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang berukuran sedang
  • 1/4 cangkir selai kacang (pilih yang halus)
  • 280 gram dark chocolate

Cara membuat:
Siapkan wadah kue dan lapisi dengan kertas khusus kue. Potong-potong buah pisang hingga menjadi beberapa bagian. Lalu, mulailah meletakan pisang di atas wadah dan beri selai kacang pada masing-masing pisang. Tutup kembali dengan menggunakan buah pisang. Sementara itu, lelehkan dark chocolate dalam microwave selama 30 detik atau dalam panci diatas api sedang sambil diaduk-aduk. Celupkan pisang satu persatu ke dalam lelehan cokelat dan taruh kembali wadah. Terakhir masukkan dalam freezer selama 3 jam hingga mengeras dan cokelat siap disajikan.

Ketiga resep camilan manis ini pun dapat dijadikan hadiah di hari Valentine untuk orang tersayang! Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini