Sukses

5 Langkah Sederhana Mengatasi Kemarahan

Intip cara mengatasi kemarahan agar Anda dapat tetap bijaksana!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai manusia biasa, Anda tentu pernah merasakan emosi yang menggebu-gebu. Kemarahan yang melampaui batas dapat berakibat fatal. untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kemarahan, maka Anda perlu untuk mengatasinya.

Saat sedang marah coba atasi dengan 5 langkah sederhana berikut seperti dikutip dari laman magforwomen.com, Sabtu (18/2/2017) agar emosi marah Anda tak jadi berlebihan. 

1. Diam sejenak
Langkah pertama yang paling bijak ketika Anda sedang marah adalah diam sejenak. Ketika diam, Anda berusaha menenangkan hati dan pikiran agar lebih jernih dan tidak sampai meluapkan emosi secara brutal.

2. Melarikan diri sejenak
Melarikan diri sejenak dari segala hiruk pikuk untuk menenangkan hati dan emosi Anda juga boleh dilakukan. Anda dapat mengunjungi tempat yang tenang dan indah, yang disukai serta merenung atau intropeksi diri. Jangan lupa untuk berdoa agar hati lebih tenang.

3. Istirahatkan tubuh Anda
Tubuh Anda juga perlu beristirahat. Bisa jadi penyebab emosi yang meluap adalah karena tubuh terasa lelah. Tubuh Anda bukan mesin atau robot, perhatikan waktu dan kualitas istirahat Anda.

4. Istirahatkan pikiran Anda
Selain tubuh, pikiran juga perlu diistirahatkan. Pikiran yang sesak dan kacau tidak akan membuat Anda mampu berpikir jernih dan sehat. Hal ini akan membuat emosi Anda juga ikut menjadi keruh.

5. Perhatikan kesehatan Anda
Jika Anda tidak kunjung menjadi lebih baik, bisa jadi kesehatan Anda juga ikut berpengaruh akibat sering marah. Perhatikan kesehatan Anda, cobalah berobat ke dokter jika diperlukan.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.