Sukses

Wajah Berminyak? Ini 6 Tips yang Harus Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa wanita, memiliki wajah yang berkilau adalah impian. Namun, bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, kilau yang ditimbulkan oleh wajah berminyak mungkin adalah sebuah masalah yang ingin diakhiri.

Ingin berhenti menyerap minyak di dagu dan dahi setiap saat? Tenang, dilansir dari purewow.com, Kamis (09/02/2017), berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat wajah berminyak Anda. 

1. Gunakan penyegar
Penyegar mungkin tidak direkomendasikan untuk dipakai oleh orang dengan wajah kering, karena akan membuat kulit semakin kering dan kasar. Namun, bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, penyegar adalah sebuah keajaiban.

Carilah produk penyegar yang bebas alkohol dan pastikan untuk menggunakannya secara rutin.

2. Eksfoliasi secara rutin
Kulit berminyak cenderung lebih cepat dalam membentuk sel-sel kulit mati, sehingga melakukan eksfoliasi secara rutin adalah cara terbaik untuk menjaga kulit wajah. Eksfoliasi akan membantu Anda menghilangkan minyak di permukaan kulit dan membuat wajah terasa lebih halus.

3. Melembabkan wajah
Faktanya, banyak orang dengan kulit berminyak justru mengalami dehidrasi. Melewatkan pelembab akan membuat kulit menghasilkan minyak yang lebih banyak, jadi untuk menghindari hal tersebut, gunakan pelembap yang bebas minyak atau berbentuk gel ringan.

4. Cara pemakaian produk yang tepat
Kebanyakan orang memakai produk mulai dari pusat wajah ke tepi. Cara ini akan menempatkan banyak produk pada T-Zone yang rentan untuk membuat kulit berminyak. Sebaliknya, mulailah dari tepi wajah ke pusat.

5. Menghapus sebelum mengaplikasikan makeup
Setelah Anda mengaplikasikan pelembab, hilangkan minyak di permukaan wajah dengan menggunakan kertas minyak. Setelah itu, Anda bisa memakai makeup seperti biasa.

6. Gunakan primer sebelum dan sesudah makeup
Anda mungkin hanya terbiasa menggunakan primer sebelum makeup, namun tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya lagi setelah selesai makeup. Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan primer di daerah T-Zone untuk memadatkan dan mengatur makeup tetap berada di tempatnya, tanpa harus menambahkan lapisan bubuk.

7. Pilih produk makeup Anda dengan bijak
Secara umum, hindari produk apapun yang mencantumkan “dewy” dan “luminous” di labelnya. Hal ini berlaku pada highlighter dan bedak tabur yang mengandung terlalu banyak shimmer. Sebaliknya, carilah produk yang mencantumkan "oil-free," "matte," dan "translucent" bagi Anda yang memiliki wajah berminyak.

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda