Sukses

Bebaskan Diri dari Pikiran Negatif dengan 6 Cara Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Pikiran negatif memang menjadi hantu dalam kehidupan, mereka akan selalu datang tanpa diundang, tanpa sengaja, dan tanpa keinginan untuk menghilang. Karena sering membuat kehidupan menjadi gelap, pemikiran negatif perlu dibuang jauh-jauh dengan berbagai cara. Salah satunya dengan 6 cara sederhana yang dirilis oleh lifehack.org, Jumat (9/2/2017).

Tidur yang cukup dan konsisten
Tidur yang tidak cukup akan mendorong diri untuk masuk kedalam depresi yang dalam. Hal ini disebabkan karena tubuh yang lelah mendorong pikiran agar mudah tertekan dan kebingungan dengan berbagai hal. Untuk itu, usahakan konsisten tidur selama 8 jam sehari agar tubuh lebih sehat dan jauh dari serangan pikiran negatif.

Catat pemikiran negatif dalam sebuah buku
Pikiran negatif sering muncul dalam berbagai cara, bahkan sulit untuk dideskripsikan. Agar bebas dari pikiran ini, Anda disarankan untuk mencatat berbagai pemikiran negatif ini dalam sebuah buku catatan. Dengan menulis, berbagai pemikiran yang sulit dideskripsikan akan mudah dijelaskan dan dimengerti arti yang sebenarnya. Bahkan dengan menulis pikiran negatif, Anda dapat mengetahui penyebab permasalahan dan bisa menyelesaikannya. Tentunya hidup menjadi lebih tenang tanpa masalah.

Berhenti berpikir secara berlebihan
Dunia bukanlah tempat dimana semua bisa diprediksi, dan Anda tidak bisa menyatakan sebuah kebenaran tanpa ada bukti yang kuat. Karena itu, Anda harus berhenti berpikir secara berlebihan melampaui kenyataan yang ada. Kebiasaan berpikir jauh dan berlebihan akan memberi tekanan batin dan memunculkan berbagai pemikiran negatif yang merusak hari Anda. Cukup nikmati dan jalani semua proses hidup dengan baik, tanpa harus resah dengan pikiran negatif yang tidak akan terjadi.

Terima fakta dan berhenti memperkirakan pandangan orang lain
Pikiran negatif juga muncul karena seringnya kita memperkirakan pandangan orang lain. Padahal, pandangan orang lain tidak mencerminkan bagaimana kehidupan kita yang sesungguhnya. Pandangan orang juga tidak menentukan bagaimana masa depan kita terus berjalan. Atasi berbagai pemikiran negatif ini dengan membiarkan hidup berjalan sebagaimana mestinya, dan melepaskan diri dari jeratan memenuhi ekspektasi orang lain.

Hilangkan pikiran negatif dengan pikiran positif
Jika Anda sedang berpikiran negatif, cepat hilangkan dengan cara berpikir positif yang akan mencerahkan hari. Ingatlah, bahwa dalam sebuah kejadian negatif yang Anda alami, masih banyak peristiwa positif yang diterima dalam kejadian tersebut. Dengan mengubah pandangan dari negatif menuju positif dalam kesempatan apapun, Anda akan lebih mudah melepaskan diri dari jeratan pikiran negatif.

Ubah rencana buruk menjadi rencana baik
Banyak orang yang memikirkan resiko terburuk dalam merencanakan berbagai kegiatan. Padahal akan lebih menyenangkan bila Anda memikirkan berbagai rencana baik, contohnya saja ketika ingin ke bandara mengejar pesawat. Daripada Anda memikirkan bagaimana cara membeli tiket bila terlambat masuk pesawat, akan lebih menyenangkan bila berpikir rencana apa saja yang harus dilakukan ketika menunggu pesawat datang hingga tinggal landas. Kebiasaan ini akan membantu Anda menghilangkan pikiran negatif yang menjerat kehidupan sehari-hari.

Artikel Selanjutnya
4 Trik untuk Mengingat Nama Saudara Saat Mudik
Artikel Selanjutnya
Kesalahan Ini Bisa Buat Anda Miliki Masalah Penuaan