Sukses

Catat Pengeluaran Uang Sehari-hari beri 5 Manfaat Menguntungkan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang abai untuk mencatat pengeluaran sehari-hari. Sehingga di akhir bulan, mereka mengeluh betapa banyak uang yang telah dihabiskan dan tidak tahu kemana saja uang tersebut dihabiskan. Padahal, mencatat pengeluaran uang sehari-hari akan memberikan 5 manfaat menguntungkan untuk Anda, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Selasa (14/2/2017).

Anda akan tahu kebiasaan belanja
Karena seringnya mengeluarkan uang, Anda terkadang lupa untuk memonitor kemana saja uang dihabiskan. Ketika sudah memulai pencatatan pengeluaran sehari-hari, Anda akan tahu kebiasaan belanja yang sering dilakukan. Dengan cara ini pula, Anda bisa mengatur seberapa banyak uang yang bisa dikeluarkan tiap bulan demi penghematan anggaran.

Hubungan baik dengan pasangan dan rekan kerja
Uang memang sumber stress yang besar bagi setiap orang, bukan anak, selingkuhan, hingga urusan pekerjaan. Karena perbedaan cara menghabiskan uang juga, banyak gangguan dalam hubungan rumah tangga. Jika Anda mencatat setiap pengeluaran, maka menyamakan presepsi dengan pasangan dalam persoalan uang akan lebih mudah. Sehingga hubungan yang retak akibat urusan keuangan bisa kembali dekat.

Anda akan jarang belanja secara mendadak
Belanja secara mendadak karena adanya diskon, atau harga miring dengan waktu yang sangat sempit akan jarang terjadi jika sudah mencatat pengeluaran. Karena kebiasaan mencatat ini, Anda akan memiliki pola pikir yang teratur, sehingga bisa bertanya pada diri sendiri sebelum membeli barang-barang. “Apakah barang ini sangat penting saya beli saat ini, atau tidak”, yang akhirnya menjadi sebuah rem yang membuat Anda lebih hemat.

Percaya diri menabung dan merencanakan keuangan
Dengan mengetahui seluruh pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya, Anda akan lebih percaya diri untuk merencanakan keuangan demi masa depan. Tulis apa saja keinginan Anda, seperti ingin beli rumah, atau kendaraan, dan mulai merencanakannya dengan menyisihkan penghasilan serta mengurangi pengeluaran. Tentunya keinginan tersebut akan lebih mudah terjadi dengan kedisiplinan Anda mencatat pengeluaran.

Tidak terlalu pusing tentang uang
Bila orang tidak ingin bicara tentang uang karena dianggap masalah yang tabu, Anda akan lebih percaya diri untuk berbicara tentang keuangan. Karena semenjak mencatat pengeluaran, kebiasaan Anda akan berubah dan lebih percaya diri untuk menghadapi kondisi apapun yang berkaitan dengan uang. Anda juga menganggap uang sebagai sebuah benda yang dapat dikendalikan dalam pikiran, bukan sebagai alat menggantungkan diri untuk hidup selama-lamanya.

 

Artikel Selanjutnya
Berapa Banyak Pengiring Pengantin untuk Pernikahan Ideal?
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Sering Dilupakan Wanita Menjelang Hari Pernikahan