Sukses

Terpasang Hampir 50 Tahun, Tangan Perunggu Jadi Karya Seni Indah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah karya seni yang sudah dibiarkan selama hampir 50 tahun ternyata memberikan keindahan baru bagi dunia. Bahkan sang penciptanya tidak tahu akan jadi seperti apa karya yang sudah ia kerjakan pada tahun 1968 ini. Namun tetap saja keindahannya membuat orang berdecak kagum, seperti yang dirilis oleh boredpanda.com, Selasa (07/02/2017).

Tangan perunggu ini sudah ditinggalkan hampir 50 tahun dan menjadi sebuah karya seni baru (foto : boredpanda.com)

Giuseppe Penone, seorang seniman dari Italia mengabadikan tangannya sendiri dalam bentuk perunggu pada tahun 1968. Proses pembuatan karya seni antara alam dan perunggu ini, berlangsung di Nasher Sculpture Center, Dallas, Amerika Serikat. Akhirnya, sebuah karya bernama “Continuera a crescere tranne che in quell punto”, atau “Akan terus tumbuh kecuali pada bagian ini” ternyata menjadi karya yang terjadi diluar ekspektasinya.

“Saya merasakan hutan bernafas, dan mendengarkan pertumbuhan yang sangat lambat dari pohon ini, Saya menyamakan nafas dengan keadaan hutan di sekitar saya dan merasakan aliran pohon dimana tangan ini menyentuh batang pohon ini” tulis Penone untuk menjelaskan karya ini pada tahun 1968.

Tangan perunggu ini sudah ditinggalkan hampir 50 tahun dan menjadi sebuah karya seni baru (foto : boredpanda.com)

Tidak disangka, tangan perunggu yang ia tinggalkan pada sebuah pohon ini tampak menakjubkan. Bagian pohon yang diharapkan oleh penone berhenti tumbuh, ternyata terus berkembang hingga menjadi sebuah bentuk yang berbeda. Kini, tangan perunggu tampak meremuk pohon yang terus tumbuh bertahun-tahun tanpa berhenti dan menjadi karya seni baru.

Artikel Selanjutnya
7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia
Artikel Selanjutnya
Naga bak Film Game of Thrones Ini Ternyata Karya Pengrajin Kayu