Sukses

Traveling dan Masak, Nicky Tirta Tertantang Buat Menu Tradisional

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, aktor serba bisa Nicky Tirta yang malang melintang di dunia FTV ini senang traveling sambil masak? Ternyata kebiasaan ini membuat Nicky makin tertantang membuat masakan tradisional dari seluruh penjuru Indonesia. Ditemui pada launching Indomie Uniqmie, Nicky menceritakan kegemarannya pada Rabu, (1/2/2017).

“Kemarin ke Padang karena senang eksplor aja sih, kebetulan manager juga orang Padang asli, apalagi ada tempat baru di Padang Mangateh yang kayak New Zealand. Akhirnya sebelum berangkat udah cari tahu dulu apa menu tradisionalnya di sana.” ungkap Nicky Tirta di Almond Zucchini.

Sebelum traveling, Nicky juga menyempatkan diri untuk membuat berbagai makanan tradisional di tempat tujuan. Sehingga nantinya Nicky dapat menggali kekayaan kuliner lebih jauh lagi dan membuat video untuk channel pribadi milknya. Nicky juga mengaku pernah membuat video masak di Padang Mangateh, Payakumbuh, Sumatera Barat.

“Selain Sala Lauak saya buat Sate Padang, dan Dendeng Batokok basah. Itu harus direbus lama dan makan waktu buatnya.” Ujar Nicky.

Dendeng balado. (Foto: resepdendengbalado.com)

Nicky juga menceritakan kesulitan membuat Sala Lauak yang memiliki teknik khusus. Bila tepungnya tidak disangrai dengan tepat, maka rasa dan tekstur akan berubah. Resep Dendeng Batokok juga menjadi menu sulit menurut Nicky, ia merasa banyak proses yang harus dilewati. Mulai dari dagingnya direbus, dipukul, digoreng sampai akhirnya bisa dianggap enak oleh orang-orang.

Untuk mengerjakan Dendeng Batokok, Nicky belajar sendiri dari orang asli, sehingga menjadi tantangan baru karena ia belum pernah mencoba resep aslinya. Sampai sahabat-sahabatnya menyarankan Dendeng Batokok yang ia masak dijual pada orang lain. Nicky juga melakukan hal serupa di berbagai daerah di Indonesia seperti Flores, Labuan Bajo dan ia juga ingin traveling sambil masak ke Sumbawa.

“Memang masakan Indonesia susah, pasti banyak bumbunya. Tapi hasilnya lebih menyenangkan. Karena untuk mencapai kata enak dari orang-orang itu butuh proses yang panjang dan tantangan yang berat. Jadi ketika orang bilang enak, rasanya luar biasa,” tutup Nicky.

Artikel Selanjutnya
Doyan Kuliner Pedas, Mita The Virgin dan DJ Citra Olah Rajungan
Artikel Selanjutnya
Bahagianya Paskibraka 2017 Kembali Cicipi Masakan Padang