Sukses

Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Berdasarkan Usia Anda

Liputan6.com, Jakarta Semakin bertambahnya usia, Anda juga harus mulai menjaga berat badan dan kesehatan. Bagaimana caranya? Dengan lebih memperhatikan jenis makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Dilansir dari mydomaine.com, JumatĀ (3/2/2017), Fitness Magazine baru saja mengungkapkan kebanyakan orang dewasa akan menambah berat badan sebanyak 3,4 pound atau 1,5 kg setiap empat tahun. Hal ini bukan hanya karena gaya hidup, namun juga faktor biologis yang mempengaruhi.

Beberapa ahli gizi memberikan saran makanan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari berdasarkan usia Anda, penasaran?

1. Usia 20-an
Jebakan terbesar di usia ini adalah kebiasaan makan di luar. Beberapa studi menunjukkan bersantapĀ di restoran dengan teman-teman akan membuat Anda makan dalam porsi yang lebih banyak. Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior menemukan seseorang akan mengonsumsi makanan 18% lebih banyak ketika makan dalam kelompok.

"Nanti akan makan malam, jadi saya tidak akan makan siang terlalu banyak," apa kalimat ini terdengar familiar bagi Anda? Tampak logis karena seseorang akan menyimpan tampungan kalorinya di malam hari, namun faktanya, saat makan malam hari tersebut, orang tersebut akan makan lebih banyak dari biasanya.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan di luar, coba simpan makanan yang tinggi protein, seperti telur atau yoghurt di dalam kulkas dan makan ketika Anda memiliki niatan untuk makan di luar. Protein akan menjaga Anda dari nafsu makan yang berlebihan.

2. Usia 30-an
Jebakan terbesar di usia ini adalah stres. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Psychological Association menyatakan bahwa orang dewasa di masa ini memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dan menyebabkan risiko kesehatan yang juga lebih serius.

Stres dapat menjadi ancaman yang lebih berat untuk kenaikan berat badan, karena kortisol tidak hanya meningkatkan nafsu makan. Namun juga memperlambat metabolisme dan meminta tubuh Anda untuk terus menyimpan lemak.

Cara memperbaiki hal ini adalah dengan menyimpan beberapa bahan makanan, seperti jeruk, paprika merah, dan ubi jalar yang tinggi vitamin C di kulkas Anda. Sebuah studi menunjukkan dehidrasi juga bisa meningkatkan kadar kortisol, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu menyimpan botol air minum di atas meja kerja Anda.

Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Dapat Membuat Anda Kenyang Lebih Lama
Artikel Selanjutnya
Hobi Makan? Konsumsi Makanan Ini Tanpa Takut Gemuk