Sukses

4 Alasan Jujur Mengapa Ibu Mertua Tidak Menyukai Menantunya

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering mendengar kisah tentang ketegangan yang terjadi antara menantu dan ibu mertua. Konflik yang berujung pada ketidakpuasan dalam hubungan pernikahan itu sendiri. Atau apa Anda sendiri sedang mengalaminya?

Dilansir dari yourtango.com, Selasa (7/2/2017), berikut ini beberapa alasan sebenarnya mengapa seorang ibu mertua tidak menyukai Anda sebagai menantunya.

1. Mungkin Anda bukan tipe menantu yang diinginkannya
Apa yang Anda lihat dari pasangan sebelum memutuskan untuk menikah? Ketertarikan secara fisik? Kreativitas? Kecerdasan? Atau selera humor yang baik? Semua ciri-ciri ini tidak sama dengan penilaian orangtua kepada pasangan anaknya.

Orangtua cenderung lebih menghargai karakteristik, seperti latar belakang keluarga, prospek keuangan, latar belakang agama, dan etnis. Karena preferennsi inilah, terkadang Anda memilih pasangan yang berbeda dengan yang diinginkan oleh orang tua dan menyebabkan rasa tidak suka yang sulit teratasi.

2. Anda terlalu atraktif
Menurut teori evolusi, orang-orang cenderung lebih tertarik pada penampilan fisik pasangan karena mereka ingin mendapatkan gen penerus yang baik untuk masa depan. Sedangkan para orangtua melihat hal yang sebaliknya, orang-orang yang lebih atraktif dilihat sebagai orang yang tidak dapat merawat anak di masa depan.

3. Secara tidak sadar, ibu dari pria cenderung mencegah hubungan jangka panjang
Jika Anda menyadarinya, terdapat perbedaan besar saat menjalin hubungan antara pria dan wanita. Pria cenderung memilih menjalin hubungan jangka pendek dengan banyak wanita untuk memastikan kualitas gennya di masa depan. Sedangkan wanita cenderung mencari pria yang dapat menyakinkannya menjalani hubungan jangka panjang dan merawat anaknya di masa depan.

Secara tidak sadar, hal di atas adalah hasil didikan dari orangtua. Orangtua yang memiliki anak laki-laki seakan membantu anaknya untuk memilih calon pasangan hidup yang benar-benar pas untuknya, dengan membiarkannya menjalin berbagai hubungan jangka pendek dengan beberapa wanita. Jika Anda telah sampai pada tahap pernikahan, Anda mungkin akan menghadapi ibu mertua yang sering meremehkan hubungan Anda dan suami.

4. Ada persaingan yang jelas untuk mendapatkan perhatian
Walaupun jarang terjadi, beberapa kasus menunjukkan adanya persaingan yang jelas antara menantu wanita dan ibu mertua untuk mendapatkan perhatian dari seorang pria. Konflik ini biasanya muncul ketika seorang ibu mulai merasakan perhatian yang berkurang dari anak laki-laki, atau sebaliknya, seorang istri yang cemburu kepada suami yang lebih perhatian kepada ibunya.

Artikel Selanjutnya
Wanita, Suami yang Baik Adalah Pria yang Bisa Mengatur 3 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Menikahlah dengan Pria yang Seperti Ini