Sukses

Cara Cerdas Hadapi Bullying di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda merasa tenggelam dalam pembicaraan banyak orang di belakang Anda di tempat kerja, yang membuat Anda terlihat lebih buruk di hadapan bos? Jika demikian tidak perlu bersedih, pasalnya mayoritas orang pernah mengalami intimidasi di tempat kerja selama karier mereka.

Belajar menangani si pengganggu di tempat kerja dan berusaha memahami mereka menjadi hal penting dalam karier. Bagaimanapun bentuk bullying yang Anda terima di tempat kerja, berikut beberapa strategi penting yang perlu Anda implementasikan untuk mengatasi situasi ini, seperti yang dikutip dari careercast.com, Selasa (7/2/2017).

Bangun Basis yang Kuat
Anda perlu membangun basis yang kuat dengan teman yang lain. Pengganggu memang berhasil menghancurkan kredibilitas Anda, tapi tidak dengan rekan-rekan kerja Anda, sehingga memiliki orang-orang yang akan mendukung Anda dalam keadaan apapun sangatlah penting. Tunjukan bahwa Anda merupakan seorang pekerja keras di hadapan rekan-rekan kerja yang lain. Jika seseorang berbicara buruk tentang Anda, mereka adalah orang yang pertama berdiri membela Anda.

Pertahankan Standar yang Tinggi
Jangan biarkan si pembully punya celah untuk merendahkan Anda di kantor, karena mereka akan menjerumuskan Anda ke bawah ke lebih keras. Pertahankan standar yang tinggi dalam pekerjaan, yang menunjukkan Anda punya kelas sebagai karyawan yang berkompeten dan mampu.

Jalin Komunikasi dengan Atasan
Komunikasikan semua kekhawatiran Anda kepada atasan. Menjalin percakapan yang ramah dan positif akan menunjukan kontribusi Anda kepada perusahaan. Jika beruntung memiliki bos yang baik, bos Anda akan mengakui nilai pekerjaan Anda dan membantu Anda untuk menemukan solusi dari bullying yang menimpa Anda.

Saat semua usaha gagal, satu-satunya jalan yang perlu Anda lakukan adalah mencari pekerjaan baru. Namun jangan dulu meninggalkan pekerjaan Anda sebelum menemukan penggantinya. Mencari pekerjaan baru adalah kesempatan besar untuk menjelajahi karier Anda selanjutnya yang bahkan belum pernah Anda coba. Jadikan bullyng yang menimpa Anda menjadi pengalaman untuk lebih siap dan mudah untuk mencegah dan menangangi segala bentuk intimidasi yang menghampiri Anda di tempat kerja.