Sukses

Rahasia Cara Memasak Makanan di Rumah Agar Tetap Sehat

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, memasak di rumah merupakan cara cerdas untuk menjaga pola makan, sehingga tubuh Anda dan keluarga menjadi lebih sehat. Namun ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan ketika mengolah menu makanan sendiri di rumah, salah satunya yaitu penggunaan minyak goreng.

Anda tentu pernah menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang, hal ini yang membuat masakan rumah menjadi salah satu penyebab penyakit yang sering tidak kita sadari. Anda perlu memberikan standar pada penggunaan minyak goreng di rumah.

Seperti yang dilakukan Christian Sugiono yang sangat menjaga pola makan yang dikonsumsi keluarganya. Suami Titi Kamal ini mulai berhati hati menggunakan minyak goreng dan tidak menggunakan garam pada masakan yang dikonsumsi. Ia juga memilih minyak yang hanya sedikit menempel di makanan.

Saat memasak di rumah Anda harus memastikan minyak yang dipilih adalah yang sesuai dengan standar agar tetap sehat.

"Masakan di rumah kami tidak memakai garam. Kebiasaan tidak memakai garam pada makanan disukai anak anak. Selain itu, kami juga berhati hati memakai minyak untuk menggoreng makanan. Minyak yang sudah dipakai menggoreng dan sudah berubah warna, meski baru satu kali pakai, sudah harus dibuang. Kalau tidak, akan berbahaya bagi kesehatan tubuh," ungkap Christian Sugiono seusai simposium yang bertajuk Masakan Rumah The Silent Killer yang digelar SunCo di Cheers Residen, seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (1/2/2017).

Minyak diperlukan tubuh untuk gizi yang seimbang. Lemak atau minyak yang terdapat dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin A,D,E dan K serta menambah lezatnya hidangan. Meski begitu, Anda tidak dapat menganggap minyak goreng adalah hal yang tidak berbahaya.

Saat memasak di rumah Anda harus memastikan minyak yang dipilih adalah yang sesuai dengan standar agar tetap sehat.

“Agar terhindar dari penyakit berbahaya, pastikan jangan gunakan minyak secara berulang-ulang. Jika minyak sudah berubah warna akibat sisa makanan, sebaiknya ganti dengan minyak yang baru. Selain itu, hindari penggunaan suhu terlalu panas saat memasak, karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng.” ujar Mulina Mulina Wijaya, Deputy Marketing Manager Sunco.

Di Indonesia sendiri menggunakan minyak goreng sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan umum untuk meningkatkan kelezatan makanan, misalnya gorengan, sambal, tumis, salad, dll. Meskipun demikian, Anda, para ibu-ibu rumah tangga harus pandai dan punya informasi yang jelas untuk memilih minyak goreng yang baik.

Memilih minyak yang tepat dan hanya sedikit menempel di makanan menjadi salah satu rahasia memasak sehat di rumah. Ciri–ciri minyak goreng yang tepat dapat Anda kenali dengan karakter seperti sedikit menempel di makanan, bening, tidak mudah beku, nampak lebih encer dan tidak membuat tenggorokan sakit.

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Konsumsi Makanan Sehat
Artikel Selanjutnya
5 Trik Masak Mudah agar Makanan Lebih Enak dan Sehat