Sukses

Ternyata Gudeg Nikmat Tak Hanya Ada di Yogyakarta Lho

Liputan6.com, Jakarta Siapa tak mengenal gudeg. Makanan khas dari Yogyakarta berbahan dasar nangka dengan citarasanya yang manis ini selalu jadi favorit warga Indonesia.

Saat berlibur ke Yogya, makan gudeg adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk bisa mencicipi kuliner satu ini, Anda bisa datang ke Jalan Malioboro yang terkenal dengan jajanan kaki limanya ataupun langsung ke restoran besar yang ada di sekitar Yogyakarta.

Untuk bisa menikmati gudeg enak, Anda tak perlu jauh-jauh kok pergi ke Kota Pelajar ini. Seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (03/02/2017) kota besar seperti Jakarta dan Bandung juga menyediakan menu lezat tersebut.

1. Gudeg Bu Tina

Gudeg Bu Tina jadi salah satu yang paling terkenal di Jakarta. Selain nikmat, harganya pun cukup murah. Dengan membayar Rp 25ribu, sepiring nasi gudeg lengkap dengan sambal krecek, areh, ayam, dan telur bisa Anda santap. Lokasi Gudeg Bu Tina ini pun sangat strategis karena letaknya berada persis di depan Stasiun Gondagdia. Jadi, Anda tak perlu repot mencari tempatnya jika ingin mencicipi gudeg khas Yogyakarta di Jakarta.

2. Gudeg Kandjeng

Gudeg Kandjeng ini pun selalu ramai dikunjungi para warga Jakarta. Gudeg Kandjeng lokasinya ada di Blok M, tepatnya di Jalan Hang Tuah 10. Kisaran harga di restoran ini adalah Rp 22 ribu hingga Rp 34 ribu. Rasa kuliner Yogyakarta yang autentik jadi andalan di restoran ini. Tak hanya nasi gudeg, Anda pun bisa menikmati sensasi hangatnya bubur gudeg dengan citarasa yang manis. Jangan lupa untuk memesan minuman pelengkap seperti es gula asem untuk memberi kesegaran setelah memakan menu yang terbuat dari santan.

3. Warung Gudeg Pejompongan

Warung ini terkenal dengan sajian gudeg basahnya. Santan areh dengan citarasa manis gurih melumuri nasi gudeg lengkap yang telah tersaji di piring. Warung Gudeg yang berlokasi di Jl. Bendungan Hilir Raya Blok G2 No. 15, Jakarta Pusat ini cukup ramai dikunjungi oleh para tamu khususnya warga Jakarta. Sebab, rasanya memang terkenal lezat, terutama sambal kreceknya yang kenyal dan pedas. Kisaran harga menu gudeg di warung ini adalah Rp 25ribu hingga Rp 30ribu.

4. Gudeg Banda

Citra Bandung sebagai surga kuliner memang tak diragukan lagi. Berbagai jenis menu Nusantara hingga Mancanegara ada di Kota Kembang ini. Gudeg asli Yogyakarta pun hadir di sini. Salah satu yang terkenal adalah Gudeg Banda. Soal rasa, tentu sudah tak diragukan lagi. Yang paling terkenal dari Gudeg Banda ini adalah tempatnya yang strategis dan nyaman. Dengan ruangan yang bersih, full AC, dan free Wifi, restoran ini jadi tempat yang tepat untuk dijadikan tempat kumpul bersama keluarga atau teman-teman di Jl. Lombok No. 57 Riau, Bandung.

5. Gudeg Yu Nap

Kalau restoran yang satu ini namanya memang sudah terkenal. Tak jarang lho berbagai media memberikan ulasan tentang kelezatan menu di Gudeg Yu Nap ini. Jika gudeg di Yogyakarta sangat dominan rasa manisnya, Gudeg Yu Nap menyesuaikan lidah warga Bandung dengan membuat rasanya sedikit lebih gurih. Selain gudeg, menu tradisional khas Jawa Tengah juga tersedia di sini, mulai dari brongkos daging sapi, mangut iwak, hingga buntil singkong. Berminat untuk ke sana? Datang saja ke Jl. Cipta Graha Raya No. 1 Cibeureum, Bandung.

Berwisata kuliner dan mencicipi gudeg enak di liburan kali ini. Ke manapun tujuan liburannya harus tetap cek Reservasi.com.

 

Artikel Selanjutnya
5 Tempat Wisata Kuliner Malam di Bandung
Artikel Selanjutnya
Malam Minggu? Coba Wisata Kuliner di Tjeplak Purwakarta