Sukses

Toba Siap Jadikan Sumatera Utara Mendunia Lewat Lomba Kayak

Liputan6.com, Jakarta Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas terus menciptakan atraksi baru. Danau vulkanik terbesar di dunia ini siap menjadikan Sumatera Utara makin mendunia melalui even International Toba Kayak Marathon 2017.

Ketua Komunitas Paddler Sumatera, Charles Simson Panjaitan, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (30/1/2017) mengatakan, even Kayak Marathon sangat layak dilaksanakan di Danau Toba karena kondisi danaunya yang relatif tenang, apalagi danau ini memiliki panorama keindahan alam yang menawan.

“Event skala internasional ini akan menghadirkan sekitar 200 Kayaker domestik dan mancanegara. Kayaking akan menjadi Ikon olahraga wisata air di Danau Toba dan ini akan menjadi yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia,” ujar Charles.

Kegiatan yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat melalui kontribusi pariwisata ini mendapat dukungan dari Pemkab Toba Samosir. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir, Ultri Simangungsong bahkan telah memasukkan kegiatan ini dalam Calender of Event Toba Samosir.

“Ajang ini sudah masuk calender of even Tobasa 2017 dan sudah diteruskan ke Kementerian Pariwisata, kita berharap Kementerian Pariwisata, Badan Otorita Danau Toba dan Sektor swasta akan turut membantu dan mensukseskan terlaksananya event ini,” ungkap Ultri.

Kayak sendiri punya arti yang penting bagi masyarakat Toba Samosir, alat transportasi yang oleh masyarakat setempat disebut “solu” ini telah lama menjadi bagian dalam kehidupan, mulai dari teman mengantar anak sekolah hingga mengurus tambak ikan.
International Toba Kayak Marathon 2017 sendiri rencananya akan digelar pada 28 hingga 30 Juli 2017 di Balige, Kawasan Danau Toba.

Artikel Selanjutnya
Karnaval Kemerdekaan di Bandung Jadi Puncak Perayaan HUT ke-72 RI
Artikel Selanjutnya
Meriahnya Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017