Sukses

Sajikan Nasi Ayam Hainan Buatan Sendiri yang Kaya Nutrisi

Perkaya pilihan menu masakan di rumah Anda dengan beragam menu lezat, dan bernutrisi. Resep nasi ayam hainan yang satu ini bisa Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta Menu ayam dan kaldunya menjadi sumber nutrisi yang kaya dan dibutuhkan oleh tubuh. Teknik pengolahan masakan tanpa digoreng juga baik untuk dipilih saat menyajikan menu harian bagi keluarga tercinta. Menu nasi ayam hainan adalah salah satu menu yang bisa Anda coba. Jangan khawatir, tahapan membuatnya tidak serepot yang Anda bayangkan.

Yuk kita saksikan video tutorial masak dari Kokiku Tv berikut ini. Jangan lupa, sajikan nasi ayam hainan selagi hangat dengan saus campuran bawang putih dan jahe parut yang dicampur dengan minyak wijen sebagai pendamping. Lezat dan sehat!

Bahan nasi 3 cup beras yang sudah dicuci4 sdm minyak sayur/ canola4 siung bawang putih, cincang2 siung bawang merah2 ½ cup air kaldu ayam (sisa rebusan ayam)4 lembar daun pandan1 ruas jahe, haluskan1 sdm minyak wijen

Bahan Ayam1 ayam ukuran 1 – 1,2 kg (ayam kampung / ayam negeri)1 ruas jahe, bersihkan lalu iris 5 lembar daun bawang2 liter air kaldu ayam (pastikan ayam terendam)4 lembar daun pandan, cuci, ikat simpul½ butir bawang Bombay, bagi 4.4 siung bawang putih kupas, geprek2-3 sdt garam2 liter air es Saus Kecap asin2 sdm kecap asin3 sdt minyak wijen3 sdt minyak bawang2 sdt air kaldu ayamIrisan cabai rawit 

Bahan pelengkapMentimunDaun bawangMinyak wijen untuk mengoles ayamTahapan memasak ayam hainan:

  1. Bersihkan ayam, oleskan garam ke seluruh bagian luar agar kulit ayam terlihat bersih dan licin
  2. Masukkan potongan bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan irisan jahe ke dalam ayam. Sisakan sebagian bumbu untuk direbus di bagian luar bersama air.
  3. Masukkan air dan garam ke dalam panci. Letakkan ayam ke dalamnya, masukkan sisa bumbu. Kemudian, tutup panci dan rebus ayam selama 40 menit dengan api kecil. Sesekali balik-balikkan ayam agar matang merata. cicipi kuah, jika kurang asin, tambahkan garam.
  4. Setelah 40 menit, matikan api, diamkan ayam di dalam panci selama 30 mnt lagi lalu keluarkan.
  5. Masukkan ayam ke dalam air es selama 5-8 mnt untuk menghentikan proses memasak dan kulit menjadi kencang.
  6. Buang bumbu isian ayam, olesi permukaan ayam dengan minyak wijen. Sisihkan

Tahapan memasak nasi hainan:

  1. Gunakan panci anti lengket, lalu panaskan minyak dan tumis bawang putih serta jahe hingga harum.
  2. Selanjutnya, masukkan beras yang telah dicuci bersih, dan aduk rata.
  3. Masukkan ke dalam rice cooker bersama dengan air kaldu dari sisa merebus ayam dan daun pandan. Kemudian, tambahkan minyak wijen.
  4. Masak selama 30 menit sampai nasi matang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.