Sukses

Bantu Turis Saat Olimpiade 2020, Jepang Buat Petunjuk Toilet Baru

Siapa yang tidak kenal Jepang dengan toilet canggihnya ? Agar semua tetap bersih, Jepang buat logo baru di toiletnya untuk bantu pendatang.

Liputan6.com, Jakarta Jepang tengah bersiap menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Bahkan, tiga tahun sebelum penyelenggaraan even olahraga terbesar di dunia ini digelar, Jepang telah memikirkan bagaimana cara membantu para wisatawan agar bisa menggunakan toilet secara benar. Perubahan petunjuk di toilet ini akan mulai digunakan pada April 2017.

Kecanggihan toilet di Jepang memang sudah mendunia, namun hal ini akan menjadi masalah bagi para turis yang berkunjung ke Jepang ketika perhelatan Olimpiade tahun 2020. Banyaknya tombol dan petunjung dengan tulisan kanji, dapat membuat pendatang bingung untuk menggunakan toilet. Akhirnya Japan Sanitary Equipment Industry Association memutuskan untuk menyatukan seluruh simbol yang ada sehingga lebih mudah dimengerti oleh semua orang.

Seperti yang dikutip rocketnews24.com, Selasa (31/1/2017), seluruh toilet di Jepang akan menggunakan 8 logo yang sama di semua toiletnya, yaitu membuka dan menutup toilet, membuka dan menutup kursi toilet, semburan air besar, semburan air kecil. Selain itu, ada lagi tombol yang digunakan untuk membersihkan diri setelah menggunakan toilet yaitu, membersihkan tubuh bagian bawah, membersihkan dengan bidet, pengeringan, dan tombol stop untuk menghentikan semuanya.

Ragam tombol toilet Jepang akhirnya disamakan untuk bantu para pendatang saat olimpiade 2020 (foto : rocketnews24.com)

Delapan tombol sederhana ini akan digunakan oleh sembilan perusahaan yang akan memproduksi toilet mulai dari pertengahan tahun. Selain logo toilet, berbagai logo lainnya juga mengalami perubahan untuk membantu pendatang, seperti logo onsen atau pemandian air panas, dan logo kuil yang diubah dari swastika menjadi miniatur kuil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.