Sukses

Ini Akibatnya Bila Anda Bergantian Menggunakan Makeup dan Kuasnya

Kerap berbagi dan bergantian saat mengaplikasikan makeup dengan orang lain? Hati-hati kenali risikonya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, sangat biasa jika meminjam alat dan produk makeup milik sahabatnya. Namun sebaiknya Anda hati-hati, kebiasaan memakai alat kosmetik milik orang lain ternyata bisa menimbukan petaka.

Makeup seperti lisptik, kuas maskara, spon bedak, dan pensil alis ternyata bisa menjadi media penyebaran kuman dan bakteri. Apalagi jika dipakai bergantian dengan orang banyak, hal tersebut akan menambah resiko penyebaran beberapa penyakit. Mengerikan bukan?

Seperti dilansir dari Redbook.com (Kamis, 2/02/2017), berikut adalah hal-hal mengerikan yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan alat dan produk makeup secara bergantian dengan banyak orang.

Bisa tertular herpes

Menurut Elizabeth Donat, seorang ahli kecantikan dan pemilik EMD Skin Solution, virus peyebab herpes bisa menular lewat mulut. Jika seorang penderita herpes memakai lipstik atau lipgloss maka virus herpes kemungkinan akan tertinggal di lipstick atau lipgloss yang dipakainya.

“Saya telah bertahun-tahun bekerja di industri kecantikan. Saya sering melihat pelanggan mengoleskan lisptik tester tanpa ragu-ragu ke bibir mereka. Padahal lipstik tersebut juga telah digunakan berkali-kali oleh pelanggan lain. Hal tersebut berpotensi mengundang penyakit,” ujar Donat.

Bisa terkena flu

Berbagi lipstik juga bisa menyebabkan kita mudah terserang flu karena virus yang menempel pad lipstik. Tsippora Shainhouse, MD, FAAD, seorang dermatologist di Beverly Hills California yang juga seorang pengajar di University of Southern California mengungkapkan bahwa virus penyebab flu termasuk bakteri penyebab disentri bisa berpindah tempat dengan cara menempel di lipstik.

“Bayangkan jika virus tersebut berada di mulut sahabat Anda, kemudian Anda meminjam lipstiknya yang tertempel virus. Sebaiknya Anda berhati-hati,” ujar Shainhouse.

Penyakit mata

“Kontak langsung dengan penderita merupakan cara penyebaran sakit mata. Dan hal tersebut bisa terjadi jika Anda bergantian memakai eye liner milik orang lain,” ungkap Donat. Produk makeup seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara yang tidak bersih serta higienis bisa menjadi media penyebaran penyakit mata.

Menyebabkan jerawat

Alat kosmetik berupa spons dan kuas ternyata bisa menjadi tempat tinggal bakteri dan kuman, apalagi jika spons dalam kondisi lembab.

Spon dan kuas yang kita pakai bisa menyimpan sel-sel kulit mati. Jika alat-alat tersebut dipakai bergantian sel-sel kulit mati tersebut akan berpindah dari wajah Anda ke wajah sahabat Anda. Hal tersebut berpotensi menyebabkan jerawat.

Jadi gunakan alat-alat kosmetik dan produk makeup milik Anda sendiri dan hindari menggunakannya secara bergantian. Jangan pernah tergiur mencoba produk-produk tester yang belum tentu terjamin kebersihannya bagi wajah Anda.

Ana Fauziyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini