Sukses

Rambut Keriting? Ini 10 Hal yang Harus Anda Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Rasanya tidak ada orang berambut keriting yang dapat memungkiri bahwa menata rambut merupakan satu hal yang sangat menantang. Apakah Anda salah satu yang merasakan hal ini?

Faktanya, bagi wanita berambut keriting, menata rambut hingga mendapatkan yang diinginkan, Anda harus melewati berbagai percobaan dan kesalahan. Dilansir dari purewow.com, Rabu (8/02/2017), berikut ini adalah beberapa tips menata rambut yang dapat membantu Anda yang memiliki rambut keriting untuk mendapatkan tatanan rambut sempurna.

1. Gunakan sampo untuk rambut keriting

Formula sampo konvensional akan menghilangkan kelembaban alami dari rambut ikal Anda. Gunakan sampo yang memiliki kandungan bebas sulfat. 

2. Atur kembali jadwal keramas

Bagi beberapa orang, keramas setiap hari mungkin adalah keharusan. Namun, bagi wanita berambut keriting, rutinitas ini justru dapat merusak rambut. Faktanya, keramas justru dapat membuat rambut semakin kering dan menghilangkan tingkat ikal dari rambut Anda. Jika Anda membutuhkan rambut yang segar setiap hari, cukup semprotkan kondisioner di batang rambut, dan tata kembali rambut Anda ke bentuk yang diinginkan.

3. Berhati-hatilah dengan penggunaan sisir

Sisir bergigi lebar adalah teman terbaik bagi Anda yang berambut keriting dan Anda harus sering menggunakannya ketika rambut basah terkena kondisioner. Catatan pentingnya adalah mulailah menyisir dari bawah untuk mencegah rambut kusut.

4. Lakukan perawatan rambut setiap minggu

Keramas seperti biasa, lakukan perawatan rambut favorit Anda, khusus untuk rambut keriting, sisir merata sampai ujung, tutup rambut dengan topi plastik. Biarkan hingga produk menyerap sempurna ke dalam rambut, sebelum membilasnya dengan bersih.

5. Ganti handuk

Gantikan handuk Anda dengan bahan paling halus yang bisa ditemukan, karena ketika mengeringkan rambut, bahan handuk adalah permasalahan utama.

6. Biarkan rambut dalam keadaan kering

Anda boleh mencuci rambut di malam hari, namun selalu pastikan bahwa ketika pergi tidur, rambut benar-benar dalam keadaan kering. Tidur dengan rambut yang basah atau setengah basah dapat membuat ikal rambut Anda menjadi datar dan kusam di pagi hari.

7. Kurangi panas dari alat styling

Semakin jarang Anda menggunakan alat styling yang panas, semakin baik ikal yang Anda miliki. Panas dari alat dapat mengeringkan dan menyebabkan rambut rusak. Selain itu, jika digunakan terus menerus, akan mengubah pola ikal alami dari rambut Anda.

8. Gunakan sarung bantal dari satin atau katun

Posisi tidur yang tidak beraturan dapat menyebabkan kerusakan serius pada rambut keriting Anda. Minimalisir kerusakan ini dengan mengganti sarung bantal dengan yang berbahan satin atau katun.

9. Jauhkan tangan dari rambut

Sekalinya Anda mendapatkan rambut dengan tatanan yang diinginkan, cobalah untuk tidak menyentuhnya. Sentuhan tangan adalah cara pasti untuk merusak rambut keriting Anda.

10. Carilah seorang hair stylist yang mengerti rambut keriting

Ada salon-salon kecantikan yang memiliki spesialis rambut keriting, luangkan waktu Anda untuk mencari seseorang yang mengerti tentang tekstur rambut Anda. Percayalah, hal ini akan membuat perbedaan yang signifikan pada rambut keriting yang Anda miliki.

Artikel Selanjutnya
Intip Panduan Cerdas Meluruskan Rambut Tanpa Alat Pemanas
Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Dapatkan Rambut Indah ala Salon di Rumah