Sukses

Periksa 3 Hal di Rumah Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan tentunya akan mempengaruhi tempat tinggal Anda. Hujan yang terlalu lebat juga bisa membuat rumah mengalami beberapa kerusakan yang akan mengganggu aktivitas. Untuk itu, selalu periksa 3 bagian dari rumah Anda untuk menghadapi musim hujan.

Periksa saluran air
Saluran air merupakan bagian penting dalam menangkal berbagai kerusakan yang disebabkan oleh air hujan. Untuk keamanan Anda, periksa saluran air di rumah dan pastikan tidak tersumbat. Jangan lupa juga untuk memeriksa saluran air dari atap sehingga air tidak merembes masuk ke dalam rumah saat musim hujan. 

Periksa atap
Sebelum musim hujan menerpa, periksa atap rumah Anda sehingga tidak ada kebocoran yang dapat menyebabkan air masuk ke dalam rumah. Bila atap rumah terbuat dari genting, periksa sambungan agar tertutup secara tepat, sehingga bila angin kencang menerpa rumah, posisi genting tidak bergeser. Bila atap rumah terbuat dari seng, maka periksa berbagai sambungan yang berlubang, dan tambal menggunakan lembaran seng lainnya. Seng juga bisa diperbaiki dengan menambah lapisan fiber di sela-sela seng.

Periksa saluran listrik
Penggunaan saluran listrik yang menggunakan jalur terbuka tentunya membahayakan pada saat musim hujan terjadi. Demi keamanan, periksa seluruh jaringan listrik di rumah dan pastikan bisa kedap dari air. Dengan cara ini,diharapkan kejadian korsleting listrik tidak terjadi ketika musim hujan.

Artikel Selanjutnya
Macet Parah, Pria Ini Pilih Berenang di Sungai Pergi ke Kantor
Artikel Selanjutnya
5 Destinasi Wisata Ekstrem Seru yang Harus Dijajal di Yogyakarta