Sukses

Musim Hujan? Usir Dingin dengan Minuman Tradisional nan Nikmat

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan ternyata datang terlambat tahun ini di akhir bulan Januari. Selain harus mempersiapkan diri agar terhindar dari hujan, tentu saja Anda harus menjaga diri agar tetap hangat. Salah satu caranya adalah meminum berbagai minuman tradisional yang dapat menghangatkan tubuh Anda. Ingin tahu apa saja? Simak minuman tradisional berbagai daerah yang usir hawa dingin.

Sumatera – Kawa Daun
Kawa Daun, atau kopi yang berasal dari serbuk daun kopi ternyata populer di kawasan sumatera bagian tengah. Selain rasanya yang nikmat, kawa daun juga bisa menghangatkan tubuh Anda sambil bercakap-cakap dengan sahabat. Kawa Daun ini juga cocok dikonsumsi dengan penganan ringan seperti kue atau jajanan pasar ketika musim hujan.

Jawa – Bir Pletok
Meski namanya bir, minuman tradisional yang terkenal di daerah Jakarta dan Jawa Barat ini memiliki banyak keunggulan yang dapat menghangatkan diri Anda. Terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan gula merah, Bir Pletok ini memiliki rasa yang manis dan cocok dikonsumsi selagi hangat. Tentunya Bir Pletok akan sangat sesuai dibawa dalam tas ketika mengusir dingin kala perjalanan.

Kalimantan – Jeruk Panas
Terkenal sebagai sentra produksi jeruk nasional, Pontianak memiliki jeruk yang berkualitas dan cocok dijadikan minuman hangat. Dengan memeras beberapa jeruk Pontianak, ditambah sedikit gula dan air panas, Jeruk Panas menjadi minuman yang cocok mengusir dingin yang menusuk. Mengonsumsi air jeruk juga punya banyak manfaat bagi tubuh, karena jeruk mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang menghalau penyakit sehingga tidak mudah sakit.

Sulawesi – Sarabba
Sulawesi juga memiliki minuman tradisional yang ampuh mengusir dingin yaitu Sarabba. Terbuat dari jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk, minuman hangat ini berkhasiat untuk mengusir flu dan menyembuhkan masuk angin. Kandungan bahan herbal ini juga dapat menjadi pilihan Anda untuk menyehatkan badan dikala musim hujan.

Nusa Tenggara – Mina Sarua
Tidak seperti minuman hangat lainnya yang hanya memanfaatkan campuran rempah, Mina Saura merupakan campuran berbagai bahan seperti rempah, tape ketan, dan ampas ketan yang biasa disebut galendo. Anda akan merasakan kehangatan yang berasal dari tape ketan dan gurihnya galendo. Rempah yang digunakan adalah jahe, kunyit, cabe jawa, merica, dan kayu manis.